Mengenal Penyakit Meningitis

Mengenal Penyakit Meningitis | Mungkin tidak banyak orang mengenal apa itu meningitis. Di sini kita akan membahasnya agar bisa mencegah penyakit ini supaya tidak menjangkiti tubuh kita. Meningitis adalah peradangan pada membran yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor yang bisa memicu infeksi, seperti virus dan bakteri. Ada dua jenis meningitis, yaitu meningitis yang disebabkan oleh virus dan yang disebabkan oleh bakteri.

Meningitis yang disebabkan oleh virus

Jenis ini merupakan jenis yang paling biasa ditemukan dan tidak lebih berbahaya daripada meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Di Illnois, Amerika Serikat, tiap tahunnya dilaporkan terdapat 600 kasus meningitis jenis ini. Penyebabnya adalah enteroviruses yang bisa menginfeksi perut dan usus. Beberapa kasus yang lebih sedikit jumlahnya disebabkan oleh virus yang berbeda, yang bisa ditranmisikan oleh nyamuk yang sudah terinfeksi yang biasa disebut arbovirus. Kasus yang sangat fatal jarang terjadi karena proses penyembuhan yang total adalah kuncinya.

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri

Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana dan apa itu meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Jenis ini biasanya lebih berbahaya daripada jenis sebelumnya dan biasa terjadi pada bayi atau manula. Sebelum pemakaian antibiotik yang meluas, sekitar 70% atau lebih dari kasus mengakibatkan hal yang fatal. Setelah diberikan pengobatan antibiotik, akibat yang fatal ini berkurang sampai 15%. Ketika musim dingin dan semi, kita harus lebih berhati-hati karena meningitis jenis ini biasa terjadi pada musim-musim tersebut. Ada 3 bakteri yang menyebabkan penyakit meningitis, yaitu Neisseria meningitides, Haemophilus influenza, dan Streptococcus pneumonia.

pengobatan meningitis

LIhat gambar meningitis lainnya :

Gejala-gejala meningitis

Jangan sepelekan sakit kepala atau demam! Karena dua hal tersebut bisa jadi merupakan gejala ringan penyakit ini. Beberapa penderita mengeluhkan mereka mengalami kelelahan sampai 2 atau 3 hari. Beberapa pasien lainnya bisa mengalami gejala yang lebih parah. Mereka bisa secara tiba-tiba terserang demam, sakit kepala, dan kaku pada leher dalam waktu yang bersamaan. Gejala ini pada kasus yang lebih parah diikuti dengan hilangnya nafsu makan, muntah, sensitif terhadap cahaya yang terang, kebingungan, kantuk, dan mual. Pada bayi yang baru lahir, gejala-gejala yang umum seperti di atas bisa saja muncul atau tidak. Penyakit ini bisa menular melalui kotoran yang keluar dari hidung atau tenggorokan. Ketika penderitanya bersin atau batuk di hadapan orang sehat, tanpa menutupinya dengan kain atau masker, maka ia akan tertular. Bahkan memakai gelas atau rokok yang bergantian juga dapat memicu penularan penyakit ini. Untuk itu, biasakan memakai masker atau kain jika hendak bersin atau batuk agar terhindar dari penularannya. Mencuci tangan juga bisa menjadi langkah untuk pencegahan terhadap kontaminasi setelah keluar dari toilet. Sangatlah penting bagi anda untuk mengetahui apa itu meningitis dan gejala-gejalanya supaya siapa pun yang terjangkit penyakit ini mendapat penanganan yang cepat dan tepat.

Add Comment