Menghadapi dan Mengobati Vertigo di Rumah

drwox.com – Vertigo merupakan suatu gejala dimana penderita merasa sensasi seolah-olah dirinya bergerak/berputar atau penderita merasa lingkungan sekitar penderita berputar/bergerak. Vertigo sering kali menyebabkan penderita merasa sangat tidak nyaman, selain karena sensasi berputar yang dirasakan penderita, biasanya vertigo juga disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, keringat dingin, berdebar-debar. Saat terjadi vertigo, penderita juga dapat mengalami gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, gangguan bicara, bahkan kehilangan kesadaran. Meskipun vertigo terasa berat dan tidak nyaman, namun jarang sekali vertigo merupakan gejala penyakit yang bisa mengancam nyawa.

Penyebab vertigo hingga saat ini belum dapat dipastikan, namun beberapa penyakit yang menimbulkan gejala vertigo biasanya berhubungan dengan kelainan pada otak (central vertigo) dan kelainan yang berhubungan dengan daerah disekitar telinga dalam (peripheral vertigo) ataupun sebagai komplikasi dari penyakit atau kondisi lain yang mempengaruhi otak dan telinga dalam.

Kelainan pada otak yang menyebabkan vertigo biasanya terjadi akibat pasokan darah yang terganggu ke otak, misalnya pada kasus stroke, diabetes, penurunan aliran darah ke otak secara tiba-tiba (misalnya pada kasus hipotensi ortostatik, BPPV), atau  dengan adanya penekanan atau sumbatan pada pembuluh darah ke otak (misalnya pada tumor neuroma akustik, stroke akibat sumbatan, multiple sklerosis, arteriosklerosis pada otak). Pada kehamilan dapat menyebabkan vertigo karena gangguan aliran darah ke otak.

mengobati vertigo di rumah

Kelainan pada telinga dalam yang dapat menyebabkan vertigo karena adanya kelainan cairan endolimfe pada gendang telinga (misalnya pada penyakit meniere), peradangan pada telinga dalam, baik oleh virus ataupun bakteri.

Kebanyakan kasus vertigo tidak berbahaya, tidak mengancam jiwa, dan biasanya dapat membaik dengan minum obat, namun sebaiknya penderita tetap memeriksakan diri ke dokter agar yakin bahwa vertigo yang dialaminya bukanlah gejala dari penyakit yang mengancam jiwa.

Apabila vertigo disertai dengan gejala berikut, maka penderita harus segera ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Indikasi penderita harus ke rumah sakit saat vertigo muncul yang disertai dengan gejala seperti nyeri kepala hebat, gangguan penglihatan, demam, kesulitan bicara, kesulitan berjalan, lengan dan atau kaki tiba-tiba terasa lemah dan sulit digerakkan, gerakan mata abnormal, kesadaran penderita menurun bahkan pingsan.

Vertigo biasanya bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit atau bahkan beberapa tahun, tergantung dari penyebab vertigo tersebut. Vertigo akibat perubahan gerakan berulang seperti akibat naik kapal atau akibat penyakit meniere dapat hilang hanya dalam beberapa menit, paling lama 24 jam setelah penyebab dihilangkan. Vertigo akibat perubahan posisi seperti pada BPPV dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Ada pula vertigo yang menetap, misalnya pada kasus stroke dengan kerusakan otak yang permanen maka vertigo juga bisa berlangsung lama. Pada vertigo akibat peradangan telinga, gejala vertigo akan hilang bila peradangan sudah berkurang atau sembuh.

Penderita vertigo hendaklah selalu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol tetap normal agar vertigo tidak sering kambuh. Mengurangi rokok, alkohol, kafein dan garam juga dapat membantu mengurangi frekuensi kekambuhan vertigo.

Add Comment