Mengintip Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Drwox.com – Kunyit dapat digolongkan sebagai salah satu rempah herbal dengan manfaat yang sangat banyak terutama bagi kesehatan. Kunyit juga merupakan rempah herbal yang mudah ditemui dimana saja dan mudah ditanam dimana saja. Kunyit memiliki aroma yang khas dan warna yang khas. Jika dikupas, rimpang kunyit akan berwarna orange seperti wortel, namun ketika diparut, warna yang keluar adalah kuning. Kunyit banyak juga terdapat pada ramuan jamu-jamuan baik instan maupun jamu yang diracik langsung.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit

 Ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan. Berikut ini kami rangkumkan apa saja manfaat dari rempah kunyit untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Pertama, kunyit bermanfaat untuk pengobatan penyakit diabetes mellitus. Penyakit diabetes mellitus adalah penyakit yang sangat berbahaya dan tentunya beresiko kematian. Lalu, bagaimana cara membuat ramuan obat untuk diabetes dengan kunyit? Caranya adalah dengan merebus 3 rimpang kunyit dengan 1/2 sendok teh garam ke dalam 1 liter air. Kemudian setelah mendidih, air rebusan tersebut disaring dan diminum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas saja. Kedua, kunyit yang disebut juga dengan Curcumae domesticate rhizoma ini juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit disentri. Cara membuat ramuan obat herbal tradisional untuk menyembuhkan penyakit disentri adalah dengan merebus kunyit sebanyak 1-2 rimpang, 1 potong gambir, ditambahkan dengan 1/4 sendok makan kapur sirih dalam 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air dalam rebusan tersisa 1 gelas saja. Angkat kemudian saring air rebusan tersebut. Lalu minum air rebusan tersebut dua kali sehari masing-masing setengah gelas saja hingga sembuh. Ketiga, kunyit juga dapat digunakan untuk pengobatan sakit tifus. Guna mengobati sakit tifus, yang perlu dipersiapkan adalah 2 rimpang kunyit, 1 lembar daun sambiloto, dan 1 batang serai. Cara meracik ramuannya adalah dengan menumbuk semua bahan tadi hingga lembut. Kemudian saring airnya dan tambahkan air mendidih satu gelas. Tunggu hingga dingin kemudian minum. Untuk penyembuhan yang lebih menyeluruh, ramuan herbal tersebut dapat dikonsumsi secara teratur 1 hari sekali selama 1 minggu penuh.

 Kunyit tidak hanya bermanfaat untuk penambah rasa pada masakan maupun pewarna alami pada makanan. Kunyit nyatanya juga dapat digunakan untuk pengobatan secara alami. Kunyit juga memiliki berbagai kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia terutama untuk menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakit.

Add Comment