Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Harus Bernutrisi Tinggi

Drwox.com – Ada yang mengatakan seorang ibu hamil harus makan dua kali lipat dari porsi makan orang normal. Nyatanya hal ini tidak benar. Yang benar, selama masa kehamilan seorang wanita harus mendapatkan nutrisi yang lengkap untuk dua orang, ia dan bayinya. Bayi yang sedang tumbuh dalam janin akan mendapatkan asupan nutrisi dari ibunya dengan perantaraan tali pusar, sehingga makanan bernutrisi tinggi sangat penting. Jika ibu kekurangan nutrisi dan vitamin, baik kesehatan bayi maupun dirinya akan terganggu.

Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Harus Bernutrisi Tinggi

Menu Makanan Sehat Ibu Hamil

 Menurut seorang ahli kesehatan ibu hamil,  seorang wanita hamil membutuhkan sekitar 2500 kalori per hari. Lalu, apa menu makanan sehat ibu hamil yang disarankan? Menu makanan yang sehat untuk ibu hamil harus mencakup semua kelompok makanan, yaitu produk susu, buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, daging, telur, lemak dan karbohidrat. Seorang wanita hamil harus makan paling tidak satu jenis makanan dari keseluruhan kelompok makanan tersebut setiap hari untuk mendapatkan jumlah energi yang tepat.

 Dan berikut perinciannya:

  • Sekitar 10 persen dari kalori harus berasal dari protein. Protein terutama ditemukan dalam daging, ikan, telur, produk susu dan kacang-kacangan.
  • Sekitar 35 persen dari kalori harus berasal dari lemak, yang terutama ditemukan dalam mentega, minyak, margarin, produk susu dan kacang-kacangan.
  • Sekitar 55 persen dari kalori harus berasal dari karbohidrat, yang ditemukan dalam roti, pasta kentang, nasi, jagung dan lainnya.

 Selain itu, menu makanan sehat ibu hamil juga harus mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung kehamilan. Vitamin dan mineral tersebut adalah vitamin A, asam folat, zat besi, serta zinc dan kalsium.  Vitamin A ada pada buah-buahan dan sayur-sayuran segar seperti pepaya, bayam, dan  alpukat. Asam folat bisa didapatkan dari kacang barley, buah-buahan, sayuran hijau, jus jeruk, kacang polong dan nasi. Zat ini penting selama kehamilan untuk pembentukan sistem saraf bayi. Sedangkan zat besi bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, stroberi, dan roti gandum. Kemudian zinc serta kalsium yang diperlukan untuk perkembangan embrio terdapat dalam susu dan keju. Itulah daftar menu makanan sehat ibu hamil yang sangat dianjurkan.

Add Comment