Merokok Dapat Menurunkan Kesuburan Pria

Drwox.com – Tidak diragukan lagi merokok memang memiliki pengaruh yang buruk untuk kesehatan. Saya yakin akal sehat anda sangat setuju dengan hal ini. Ternyata selain merugikan kesehatan secara umum, merokok juda dapat berpengaruh dalam menurunkan kesuburan bahkan kejantanan pria. Pada faktanya seringkali jika pasangan muda datang ke dokter atau klinik kesehatan yang dicurigai tidak subur pasti pertama kali adalah kaum wanita. Hal ini sangat wajar karena orang awam berpandangan yang hamil adalah wanita. Namun demikian ternyata sang pria yang bertanggung jawab atas ketidaksuburan-pun ternyata tidak sedikit. Perlu anda tahu bahwa kehamilan terjadi memerlukan dua faktor utama yaitu sel telur dan sperma. Dalam dunia kesehatan khususnya kesuburan, kesehatan pria sama penting dengan pihak wanita. Jadi bila berkonsultasi masalah kesuburan sebaiknya sang suami ikut juga untuk diperiksa.

Tahukah anda ternyata merokok bisa mempengaruhi kesuburan?

Merokok dapat menurunkan kesuburan PriaMerokok mempengaruhi kesuburan wanita adalah suatu yang sudah sering diteliti dan tidak mengejutkan. Baik pria maupun wanita merokok merupakan hal yang buruk, dan sudah terbukti sangat berhubungan dengan peningkatan resiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, paru-paru, kanker, dan berbagai penyakit kronis lain. Ribuan racun yang terkandung di dalam rokok tidak hanya mempengaruhi paru-paru saja, namu juga seluruh tubuh anda. Termasuk didalamnya adalah kesehatan reproduksi anda. Terutama kaum pria, karena perokok terutama di Indonesia adalah pria.

Bagaimana bisa merokok dapat mempengaruhi kesuburan pria?

Untuk mengetahui detail lebih lanjut mari kita baca kutipan penelitian dari website referensi kedokteran yang cukup valid yaitu Uptodate.

“Sebuah analisis dari 27 studi yang mencari efek merokok pada konsentrasi sperma, motilitas, dan morfologi pada pria subur dan tidak subur menemukan pengurangan sederhana dalam kualitas air mani dan mengubah kadar hormon antara perokok dibandingkan dengan yang bukan perokok, tetapi tidak menemukan penurunan kesuburan pria terkait dengan ayah yang merokok. Studi non-perokok laki-laki subur dan bukan perokok melaporkan penurunan 23 persen rata-rata konsentrasi sperma dan 13 persen penurunan motilitas sperma di antara perokok.”

Merokok dapat menurunkan kualitas cairan semen. Berbagai penelitian tentang efek merokok terhadap kesehatan reproduksi pria telah menunjukkan penurunan kualitas cairan semen efek tersebut diantaranya :

Konsentrasi sperma. Konsentrasi sperma mengacu pada jumlah sperma yang ditemukan dalam jumlah yang diukur dari air mani. Studi telah menunjukkan penurunan 23% dalam konsentrasi sperma pada pria yang merokok.

Motilitas sperma.  Motilitas sperma mengacu pada kemampuan berenang sperma. Jika sperma tidak bisa berenang dengan baik, mereka mungkin memiliki kesulitan mencapai sel telur.  Pada pria yang merokok, para peneliti menemukan penurunan 13% dalam motilitas sperma.

Morfologi sperma. Morfologi sperma mengacu pada bentuk sperma. Sprema yang mempunyai bentuk aneh (tidak seperti normal) tidak bisa berenang cukup baik untuk sampai ke telur dan mungkin tidak dapat membuahi sel telur. Perokok laki-laki memiliki sperma lebih sedikit berbentuk sehat daripada non-perokok.

Perokok laki-laki mungkin juga memiliki kelainan hormonal yang bisa juga mempengaruhi kesuburan. Namun demikian, penurunan kesehatan sperma dan kelainan hormonal saja mungkin tidak cukup untuk menyebabkan kemandulan pada pria. Namun bagi pria yang tanda infertilitasnya sudah hampir jelas, maka dengan merokok bisa mengakibatkan infertilitas lebih pasti lagi. Untuk laki-laki seperti ini, berhenti merokok dapat meningkatkan kesuburan mereka atau setidaknya, meningkatkan peluang keberhasilan mereka pada perawatan kesuburan.

Lalu bagaimana dengan wanita yang sering menjadi korban asap rokok para laki-laki. Apakah memiliki resiko ketidaksuburan yang sama? Penelitian telah menyimpulkan adanya kemungkinan kuat bahwa wanita perokok pasif memiliki resiko menurunnya kesuburan. Nah bagi anda wanita, sebaiknya anda lebih tegas pada para pria yang merokok di dekat anda. Kesuburan anda taruhannya. Bagi Pria, berhentilah merokok. Jika memang tidak bisa, jangan merokok di depan orang lain, apalagi di dekat wanita dan anak-anak.

Referensi

Olek, Michael J., Gibbons, William E. “Optimizing natural fertility in couples planning pregnancy.” UpToDate. http://www.uptodate.com/contents/optimizing-natural-fertility-in-couples-planning-pregnancy

Add Comment