Nutrisi untuk ibu hamil pada trimester terakhir

Nutrisi untuk wanita hamil dalam 3 bulan terakhir diperlukan sebagai energi tambahan untuk menghadapi proses persalinan. Saat hamil dalam 3 bulan terakhir, janin sangat besar dan ibu dapat melahirkan kapan saja tergantung dengan kondisi janin. Proses kehabisan energi menghabiskan banyak energi, jadi ada baiknya mempersiapkan energi dengan baik sebelum energi terkuras habis.

Selain itu, nutrisi mikronutrien dan nutrisi tambahan akan membantu bayi mengembangkan organ dan tubuh di dalam kandungan. Ibu dapat belajar tentang suplemen gizi yang tepat pada periode terakhir kehamilan.

Nutrisi penting untuk kehamilan

  • Lemak: Trimester ketiga merupakan tahap penting bagi perkembangan metabolisme pada bayi. Saat itulah otak mengembangkan fungsinya yang berhubungan dengan metabolisme. Seperti yang direkomendasikan oleh ahli gizi, ibu hamil harus menambahkan lemak sehat ke dalam menu harian untuk mendukung kehamilan dan nantinya saat menyusui.
  • Vitamin C: Sebagai komponen yang sangat diperlukan dalam pembentukan jaringan ikat di kulit, tulang, mempercepat proses penyembuhan luka dan meningkatkan kemampuan penyerapan zat besi tubuh, wanita hamil tidak bisa mengabaikan vitamin C. pada bulan-bulan terakhir kehamilan. Jumlah vitamin C yang dibutuhkan selama kehamilan adalah sekitar 85 mg per hari, dan 120 mg untuk wanita menyusui.
  • Besi: Dalam 3 bulan terakhir kehamilan, volume darah melonjak, menyebabkan ibu menambahkan zat besi khusus ke tubuh. Kekurangan zat besi pada tahap ini dapat menyebabkan kehilangan darah berlebihan saat melahirkan karena darah tidak bisa membeku.

  • Protein: Hadir selama sembilan bulan kehamilan, protein sangat penting selama kehamilan trimester ke tiga. Asam amino dalam protein memberikan dasar bagi perkembangan sel, mendorong berfungsi organ dalam tubuh ibu untuk melayani kebutuhan perkembangan bayi pada tahap ini.
  • Jeruk mengandung vitamin C untuk sistem kekebalan tubuh ibu, vitamin A mendukung perkembangan tulang, gigi dan memberi nutrisi pada DNA janin, buah dan sayuran sebagai makanan yang tidak boleh ibu diabaikan.
  • Daging sapi: Bukan hanya pasokan besi yang melimpah, daging sapi juga mengandung protein, seng membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kelahiran prematur, serta berat lahir pascamelahirkan janin.
  • Pepaya: Memberikan nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin C, folat, serat dan potassium, pepaya hanya membantu mengurangi rasa panas dalam perut saat hamil. Saat makan pepaya, sebaiknya jangan berlebihan karena dapat menyebabkan kontraksi yang menyebabkan persalinan dini atau keguguran.
  • Kedelai: Mudah kita dapatkan, kedelai mengandung banyak protein, kalsium, serat, vitamin A dan B. Kalian hanya perlumerebus dan menaburi garam, karena makanan ini adalah makan lezat dan kaya nutrisi.
  • Paprika: Vitamin A dan C dalam paprika sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh wanita hamil. Ibu bisa menggunakan paprika segar untuk ditambahkan dalam makanan atau gorengan dengan ditambah minyak zaitun dan bawang putih. Paprika kering juga merupakan cemilan yang bisa ibu coba.

Add Comment