Obat anti kolesterol dicabut karena memiliki efek samping

Drwox.com – Baru-baru ini perusahaan besar farmasi (pabrik obat), merck, menarik salah satu produknya. Produk yang ditarik tersebut adalah tredaptive. Obat ini fungsinya adalah menurunkan trigliserid dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Hati hati obat anti kolesterol

Hati hati obat anti kolesterol

Para dokter di berbagai Negara telah diberitahu untuk menghentikan meresepkan obat anti kolesterol karena produk seperti ini tidak berguna dan mengakibatkan efek samping yang serius. Badan pengawas obat eropa langsung menghentikan peredaran obat ini setelah mendapat peringatan. Sekitar 3.000 warga Inggris dengan kadar kolesterol tinggi memakai obat ini.

Amerika serikat selaku produsen Merck mengumumkan menarik kembali Tredaptive dari penjualan di 40 negara, namun tidak dipasarkan di Amerika Serikat.  Badan Obat Eropa mengatakan telah ditinjau dari data baru dari sebuah penelitian jangka panjang yang melibatkan lebih dari 25.000 pasien, yang meragukan manfaat obat tersebut. Hasil awal dari studi ini menemukan, bahwa menambahkan produk ini ke statin tidak mengurangi risiko serangan jantung dan stroke dibandingkan dengan statin saja. Selain itu obat ini juga memiliki efek samping yang bisa menjadi fatal pada beberapa pasien diantaranya perdarahan, keluhan lambung dan usus, pernafasan, kulit, kelemahan otot, resiko infeksi dan diabetes.

Kesimpulan badan obat eropa, bahwa obat ini tidak memberikan manfaat yang signifikan untuk pasien dengan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Walaupun memiliki manfaat menurunkan trigliserid dan meningkatkan HDL (kolesterol baik), tetapi tetap saja manfaatnya tidak lebih besar dari efek sampingnya. Obat ini sebenarnya telah beberapa tahun dipakai dan diberi ijin beredar di Inggris dan eropa sebagai obat kombinasi dari statin. Namun penelitian terakhir ini mungkin akan menghentikan ijin obat tersebut.

Lalu bagaimana di Indonesia ? tenang saja, obat ini jarang, bahkan tidak ada di Indonesia. Jadi pasien dengan keluhan kolesterol tinggi atau dislipidemia tidak perlu khawatir. Jangan lupa untuk menanyakan berbagai efek samping obat kolesterol kepada dokter anda.

Referensi

Merck Provides Update on Next Steps for TREDAPTIVE™ (extended-release niacin/laropiprant).http://www.mercknewsroom.com/press-release/research-and-development-news/merck-provides-update-next-steps-tredaptive-extended-rel. diakses tanggal 12 januari 2013

Add Comment