Obat Penyakit Asma

Drwox.com – Banyak orang bertanya apa obat penyakit asma. Banyak sekali sumber di internet yang memanfaatkan untuk berjualan produk yang diklaim mengobati penyakit asma. Berbagai macam produkpun muncul, terutama produk herbal. Dari berbagai produk herbal mereka mengklaim dapat menyembuhkan asma. Mulai dari obat penyakit asma tradisional, sampai produk yang sudah dikemas secara modern. Namun apakah hal itu dapat dibenarkan? Sebelum menjawab pertanyaan ini sebelumnya anda perlu tahu apa itu penyakit asma. Sehingga kita tidak dibohongi oleh berbagai promosi obat penyakit asma. Saya secara pribadi tidak anti terhadap produk herbal, bahkan saya adalah penggila obat herbal. Namun informasi yang disampaikan ke pasien haruslah benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Beberapa kasus pasien malah jadi korban tukang obat yang mengaku bisa menyembuhkan pasien asma. Alhasil uang melayang dan penyakitpun kadang malah lebih tidak terkendali. Saya mengajak pembaca agar lebih cerdas menyikapi fenomena semacam ini. Hal ini tidak lain adalah untuk kebaikan pasien sendiri baik secara kesehatan fisik dan juga kesehatan finansial.

obat penyakit asma

gambaran saluran nafas saat asma kambuh

Lalu apa itu asma? Asma sendiri  pada intinya adalah reaksi alergi. Secara sederhana asma adalah reaksi peradangan jalan nafas. Saat pasien dengan riwayat alergi menghirup sesuatu, bisa debu, asap rokok, serbuk bunga dan berbagai zat lain, hal ini memicu aktifitas jalan nafas yang berlebihan lokasi tepatnya di bronkus. Sehingga jika aktifitas berlebihan membuat jalan nafas menjadi menyempit. Jalan nafas yang menyempit inilah yang sering mengakibatkan suara mengi atau secara medis disebut wheezing. Penyempitan jalan nafas ini sering bersifat sementara saja. Namun kadang juga bisa berlangsung lama.

Lalu bagaimana mengobati penyakit asma?

Obat terbaik dalam mengatasi asma adalah menghindari allergen, zat yang dapat menyebabkan alergi. Nah pasien dengan asma sebaiknya selalu mengingat kapan dan bagaimana asmanya kambuh. Misalnya saat menghirup asap rokok secara tidak sengaja tiba-tiba nafas menjadi sesak atau batuk tidak berhenti. Nah kemungkinan hal ini adalah asma. Jika sudah tahu hal apa saja yang menyebabkan asma-nya kambuh, maka hal itu wajib dihindari.cara menyembuhkan penyakit asma

Jika asma sudah kambuh apa obatnya?

Jika terjadi asma kambuh secara mendadak sebaiknya segera mengkonsultasikan ke dokter agar diberi pengobatan dengan segera. Asma, jika tidak diobati dengan segera juga akan menjadi bahaya bahkan dalam keadaan yang parah dapat menyebabkan kematian. Dokter biasanya akan memberi obat untuk melonggarkan jalan nafas dan mengurangi reaksi peradangan. Biasanya dalam kasus yang ringan dan sedang kedua jenis obat tersebut akan membuat pasien lebih baik. Setelah pulang biasanya pasien akan dibawakan obat oleh dokter bila sewaktu-waktu pasien kambuh asmanya.

Prinsipnya pengobatan asma adalah menyembuhkan dan mengendalikan gejala asma yang muncul. Kemudian juga mencegah kekambuhan asma. Lalu sebisa mungkin mempertahankan paru-paru dalam kondisi yang baik. Yang terakhir mencegah sumbatan jalan nafas yang lebih parah. Lalu apakah asma bisa sembuh? Jawabannya yang paling tepat saat ini adalah secara keilmuan medis belum ada yang dapat menyembuhkan asma. Namun asma dapat dikurangi kekambuhannya. Bahkan dengan memahami prinsip pengobatan yang baik, seorang pasien asma dapat bertahan tidak kambuh asmanya selama bertahun-tahun.

Add Comment