Penanganan Awal Luka Bakar Akibat Benda Panas

Luka bakar akibat panas seperti setrika, minyak atau air panas sangat sering terjadi terutama di dalam rumah, namun masih banyak kesalahan fatal dalam penanganan dini luka bakar tersebut yang berakibat pada bekas luka yang besar dan membekas, nyeri yang amat sangat bahkan luka bakar yang menjadi semakin luas dan dalam dan waktu sembuh yang lama.

Luka bakar akibat barang panas bila tidak ditangani secara tepat akan menyebabkan luka di kulit semakin dalam dan penyembuhan yang lama karena sel-sel kulit yang mati akan semakin banyak, bahkan bila sampai pada syaraf dapat menyebabkan rasa sakit yang amat sangat. Penanganan awal yang tepat pada luka bakar akibat panas dapat mengurangi nyeri pada luka, mencegah luka lebih luas, dan mempercepat proses penyembuhan luka tersebut.

Bila anda terkena barang panas, segera aliri daerah yang terkena luka dengan air kran atau air mengalir bersuhu sejuk (sekitar 2-25 derajat selsius) selama minimal 20 menit. Hal ini dilakukan agar luka bakar tidak meluas dan mengurangi nyeri akibat luka bakar tersebut. Segera lakukan pengaliran air pada luka dalam 3jam pertama setelah kejadian. Jangan beri kompres air es karena hal ini ditakutkan dapat menyebabkan hipotermia pada penderita, terutama pada anak. Pemberian minyak, odol, ataupun mentega pada luka bakar justru sangat merugikan penderita karena selain menutupi permukaan kulit juga dapat mengotori luka dan berakibat infeksi.

pertolongan pertama luka bakar

Setelah pemberian air mengalir pada luka bakar, penderita dapat memberikan gel untuk luka bakar tersebut bila luka tidak meluas atau membentuk lepuhan. Anda dapat melakukan perawatan luka sendiri di rumah bila luka tidak lepuh dan tidak ada tanda infeksi.

Penderita luka bakar akibat panas harus segera dibawa ke rumah sakit apabila luka bakar tersebut mengenai muka, daerah kelamin dan sekitarnya, juga apabila luas luka bakar tersebut lebih dari 3cm. Penderita juga harus segera dibawa ke rumah sakit bila luka bakar yang timbul berwarna keputihan dan tidak terasa sakit pada luka tersebut. Bila terdapat tanda penderita menghirup uap panas dari kebakaran, segera bawa penderita ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lanjutan.

Add Comment