Penularan Penyakit Malaria

Tuesday, April 30th 2013. | Kesehatan

Malaria adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles yang sudah terinfeksi oleh parasit. Penyakit ini dapat menular dari manusia ke manusia oleh nyamuk tersebut. Namun, tidak perlu khawatir karena penyakit ini dapat dicegah dan diobati. Jika malaria dapat disadari sejak dini, maka masih bisa diatasi dan diobati. Penyebaran infeksinya dapat diperlambat dan dipersingkat yang bisa mengurangi resiko berbagai macam komplikasi penyakit atau bahkan kematian.

Malaria berasal dari kata mala yang berarti buruk dan aria yang berarti udara. Dahulu, banyak yang beranggapan bahwa penyakit ini disebabkan oleh udara yang kotor dan daerah berawa. Namun setelah adanya penelitian bahwa penyakit ini disebabkan oleh parasit, banyak masyarakat yang mengubah cara pandangnya dan memperhatikan kondisi lingkungannya agar jangan sampai berkembang jentik nyamuk Anopheles. Nyamuk ini menginfeksi manusia dengan parasit bersel satu bernama plasmodium. Gigitan Anopheles dilakukan oleh nyamuk betina yang membutuhkan darah untuk memberi makan telur-telurnya. Nyamuk Anopheles hidup di sebagian besar negara tropis dan sub-tropis, seperti Amerika Latin, Asia, Kepulauan Oceania, dan Afrika. Di Afrika sendiri, tercatat sebanyak 30 anak meninggal tiap 30 detik karena penyakit ini.

apa itu malaria

Bagaimana gigitan Anopheles bisa menginfeksi?

Perlu dicatat bahwa hanya Anopheles betina yang bisa menyebarkan malaria. Nyamuk ini menyalurkan parasit yang mengidap di tubuhnya ke manusia melalui gigitannya saat dia mengisap darah manusia untuk memberi makan telur-telurnya. Nyamuk tersebut pastilah sudah terinfeksi dari gigitan pada manusia sebelumnya yang sudah terinfeksi. Ketika ia menggigit dan mengisap darah manusia yang sudah terinfeksi, hanya dalam waktu kurang dari satu menit, parasit dalam darah manusia ini masuk ke dalam tubuh nyamuk. Jika kemudian nyamuk yang sudah terinfeksi ini menggigit manusia yang sehat, maka manusia tersebut akan tertular.

Ada beberapa cara malaria ini menular dari manusia satu ke manusia lain, yaitu:

  • Transplantasi organ dari pengidap malaria. Untuk itu, orang yang akan mentransplantasikan organnya harus benar-benar dicek kesehatan organnya.
  • Pemakaian jarum secara bergantian.
  • Transfusi darah.
  • Ibu hamil yang mengidap malaria sangat mungkin untuk menularkan penyakit ini ke bayi yang dikandungnya. Kasus ini disebut juga malaria turunan atau bawaan lahir.
SHARE donk kakak...
tags: , , , , , , , , ,