Penyakit jantung dan pembuluh darah pada wanita

Drwox.com – Penyakit jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskuler atau cardiovascular disease (CVD) adalah salah satu penyakit yang mematikan pada wanita di berbagai negara termasuk di Indonesia. Yang termasuk penyakit penyakit kardiovaskuler diantaranya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, penyakit katub jantung, gagal jantung dan stroke. Para wanita mungkin lebih mengenal penyakit kanker payudara daripada penyakit ini, namun tahukah anda satu dari empat wanita dewasa mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah. Hal ini tentunya harus juga diperhatikan oleh kaum wanita.

Ada beberapa faktor resiko penyakit ini yang harus diperhatikan oleh para wanita. Diantara faktor resiko tersebut adalah tekanan darah tinggi, kegemukan atau obesitas, gula darah tinggi atau diabetes, merokok, dan faktor lain seperti gaya hidup tidak sehat dan faktor psikis. Dengan berbagai pengetahuan yang ada sekarang faktor-faktor resiko itu dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan sama sekali. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa jika menghindari faktor resiko tersebut yaitu dengan mengubah gaya hidup maka penyakit kardiovaskuler akan menjadi kecil kemungkinannya untuk muncul.

Bagaimana cara mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup yang sehat ?

penyakit jantung dan pembuluh darah pada wanita

Pertama selalu konsultasikan keadaan kesehatan anda kepada dokter. Dokter yang sering anda datangi tentunya akan lebih tahu berbagai keadaan kesehatan anda. Biasanya dokter mencatat berbagai penyakit dan perjalanannya yang anda alami. Sehingga dokter akan membantu anda dalam pengelolaan kesehatan anda. Yang kedua adalah pengaturan pola makan atau diet. Lebih tepatnya diet rendah lemak dan kolesterol. Lalu tambahkan sayuran dan buah pada daftar menu anda. Minumlah air putih yang cukup, dua liter perhari adalah jumlah yang disarankan untuk orang dewasa. Lakukan aktifitas harian wanita seperti wanita pada umumnya. Kegiatan harian wanita sebagai ibu rumah tangga seperti menyapu, mengepel, mencuci piring dan baju, memasak, serta mengurus anak dan suami pada saat ini sudah sering ditinggalkan karena kesibukan pekerjaan dan digantikan oleh pembantu. Padahal kegiatan tersebut sangat membantu membakar kalori. Baru-baru ini saya membaca sebuah penelitian tapi saya lupa untuk mencatatnya, intinya wanita yang melakukan pekerjaan harian rumah tangga lebih susah terkena penyakit terutama penyakit kardiovaskuler. Kemudian yang berikutnya adalah lakukan olah raga rutin. Olahraga rutin yang dilakukan oleh wanita tidak perlu lama, yang penting teratur. Lama waktu yang disarankan untuk olahraga adalah 30 menit saja, itu susah termasuk pemanasan, latihan inti dan pendinginan.

Penyakit jantung dan pembuluh darah sangat dikenal dengan sebutan “silent killer”. Artinya penyakit ini tidak menunjukkan gejala apa-apa pada saat awal kemunculannya. Keadaan yang cukup parah, atau serangan dapat terjadi kapan saja. Tak jarang serangan ini berakibat cukup fatal, seperti serangan jantung dan stroke. Cara yang paling efektif untuk menhindari penyakit ini adalah dengan cara mencegahnya, yaitu dengan menghindari faktor resikonya.
stroke dan serangan jantung pada wanitaLakukan pmeriksaan atau cek-up rutin ke dokter anda untuk memastikannya. Jika dokter curiga anda mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah, maka dokter akan melakukan serangkaian test untuk membuktikannya. Jika anda merasa ada yang salah dengan jantung anda, seperti selalu merasa jantung berdebar (deg-degan), detak jantung terasa sangat cepat, bunyi jantung tidak normal, irama jantung terasa aneh, atau hal yang lainnya maka segeralah hubungi dokter. Jika anda juga merasa sangat pusing, pandangan kabur, susah bernafas, dada sebelah kiri terasa nyeri, atau tiba-tiba tangan kaki anda lemas salah satu sisi, maka sebaiknya anda segera menghubungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

Add Comment