Penyakit Lupus: Apa dan Bagaimana Gejalanya

Lupus yang satu ini bukan tokoh fiksi idola anak muda di tahun 90an. Lupus yang akan kita bahas di sini adalah nama suatu penyakit berbahaya. Sejatinya sudah banyak kasus penyakit lupus di Indonesia namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu penyakit lupus. Agar Anda mengetahui dan semakin memahami penyakit lupus itu sendiri dan bagaimana cara pengobatannya, kami akan memberikan penjelasan singkat untuk Anda.

Penyakit lupus adalah jenis penyakit kronis yang disebabkan oleh produksi antibodi di dalam tubuh yang terlalu berlebihan. Antibodi memang dibutuhkan oleh tubuh untuk melenyapkan kuman dan penyakit yang menyerang tubuh. Namun, jumlah produksi antibodi yang diluar ambang batas normal justru akan menyebabkan kerusakan organ tubuh si pasien itu sendiri. Penyakit lupus pada umumnya menyerang jaringan ikat pada pembuluh darah yang ada di dalam tubuh manusia sehingga dapat menyebabkan ruam-ruam kemerahan pada kulit danĀ  telapak tangan. Selain menyerang jaringan ikat, penyakit lupus juga menyerang organ-organ tubuh seperti otot, ginjal, jantung, dan kelenjar mukosa. Kerusakan pada organ-organ vital manusia tersebutlah yang menyebabkan rentannya pasien penyakit lupus terhadap kematian. Selain penjelasan mengenai apa itu penyakit lupus, kami juga akan memberikan beberapa gejala penyakit ini dan penyebabnya.

apa itu penyakit lupus

Penyakit lupus memiliki gejala yang mudah dikenali. Pertama, munculnya ruam atau bercak-bercak berwarna merah dan berukuran besar pada kulit maupun telapak tangan. Selain bercak yang tak beraturan, tanda-tanda penyakit lupus juga dapat dilihat dengan adanya bercak simetris membentuk kupu-kupu di area wajah seperti hidung atau pipi. Kedua, terjadi kelelahan yang berlebihan. Rasa pusing dan rasa lelah yang berlebihan adalah salah satu gejala munculnya penyakit lupus. Ketiga, timbulnya anemia dan tingginya sensitifitas kulit. Kekurangan darah adalah hal yang umum terjadi pada pasien lupus karena kerusakan pembuluh darah dan jaringan ikat pembuluh darah. Selain itu, kulit penderita lupus lebih mudah terbakar matahari dibandingkan dengan orang normal.

Penyakit lupus umumnya disebabkan oleh infeksi virus, faktor hormonal, kondisi lingkungan, suhu ekstrim, stress, dan paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan. Penyakit lupus bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Dengan pengobatan yang teratur dan konsisten, penyakit lupus dapat diobati dengan baik. Penjelasan mengenai apa itu penyakit lupus, gejala, dan faktor yang menyebabkannya diharapkan dapat membantu Anda mewaspadai penyakit ini. Hidup sehat dan rajin mengkonsumsi vitamin dapat menjadi cara ampuh untuk menangkal penyakit lupus.

2 Comments

  1. info penyakit lupus September 20, 2016
  2. pengobatan lupus February 10, 2017

Add Comment