Penyakit yang muncul pasca lebaran

drwox.com -Penyakit yang muncul pasca lebaran

Bulan puasa telah berakhir, suka cita menggelora. Namun dikarenakan terlalu berlebihan menyambut lebaran banyak orang melupakan faktor kesehatan mereka. Dalam beberapa hari setelah lebaran banyak penyakit musiman yang sering kami temukan. Berikut adalah penyakit-penyakit yang sering terjadi setelah lebaran.

  1. Diare

Penyakit ini menjadi puncak tangga untuk penyakit pasca lebaran sedikitnya ada sekitar hampir 50% pasien kami datang dengan keluhan buang air besar cair secara berlebihan alias diare. Mengapa? Setelah lebaran biasanya orang melampiaskan nafsu makannya secara berlebihan, makanan apapun dikonsumsi tanpa perhitungan. Mungkin Balas dendam karena 30 hari dikendalikan. Hal ini menyebabkan saluran pencernakan menjadi terganggu, ditambah higienitas makanan yang kurang diperhatikan menjadi faktor tambahan munculnya diare ini. Lalu bagaimana mencegahnya? Gampang makanlah secukupnya saja, jangan terlalu banyak dan jagalah kebersihan tangan anda. Jika anda mengalami gejala diare sebaiknya minumlah air putih yang banyak untuk mencegah kehilangan cairan akibat  diare. Jika diare berlanjut hubungi dokter. Jangan minum obat diare sembarangan.

  1. Flu

Flu atau common cold banyak terjadi pasca lebaran. Tubuh yang letih sewaktu mudik atau berkeliling untuk silaturahmi dapat menyebabkan virus menang melawan tubuh anda. Gejala yang timbul biasanya seperti demam, batuk, pilek, nyeri kepala dan badan terasa tidak enak. Untuk mencegahnya anda cukup menjaga stamina tubuh, menjaga kebersihan diri, minum air putih yang banyak, dan minum suplemen vitamin bila perlu. Jika flu anda mengganggu istirahatlah, jangan memaksakan beraktifitas dulu, tunda kegiatan anda samapi flu sembuh atau tubuh anda fit kembali.

penyakit pasca lebaran

  1. Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi juga cukup sering terjadi. Hal ini karena faktor makanan yang berlebihan, asupan garam dan lemak yang berlebih dapat memicu orang yang menderita tekanan darah tinggi menjadi lebih tinggi tekanan darahnya. Tidak jarang sampai ke tahap yang mengkhawatirkan sehingga harus dilakukan rawat inap agar dapat terkontrol tekanan darahnya dan mencegah komplikasi yang mungkin dapat terjadi.

  1. Kelelahan fisik

Aktifitas yang lebih dari biasanya dapat membuat otot lelah sehingga perlu istirahat total. Untuk mencegah hal ini terjadi siapkan stamina anda sebelum berkeliling untuk silaturahmi, siapkan bekal yang cukup jika akan melakukan perjalanan jauh, beristirahatlah sejenak jika capek dan mengantuk. Jangan pernah memaksakan tubuh anda, tubuh mempunyai batas masing-masing.

 Hal tersebut di atas merupakan penyakit/ keluhan yang sering kami temukan pasca lebaran. Untuk itu jagalah kondisi anda, perhatikan kesehatan dan kebersihan tubuh dan lingkungan, Silaturahmi dan merayakan idul fitri adalah kegiatan yang sangat baik, maka persiapkanlah dengan baik pula. Jangan sampai kegiatan anda terganggu karena penyakit-penyakit tersebut.

Selamat merayakan hari raya, semoga tahun depan bisa lebih baik lagi.

Add Comment