Penyebab bayi menangis terus

Tuesday, April 9th 2013. | Kesehatan

Drwox.com – Anak menangis, apalagi anak yang masih bayi sangatlah membuat gusar orangtuanya. Bayi rewel terus-terusan dan tidak mau berhenti menangis mungkin adalah suatu pertanda bayi menginginkan atau merasakan sesuatu. Tentunya bayi belum bisa ngomong keinginan atau sakitnya apa. Kita sebagai orangtua harus bersabar dan berusaha untuk mengetahui apa maksud sang bayi nangis. Pengalaman mengurus bayi sendirian pernah saya alami, ketika itu istri saya sedang menjalani pendidikan sehingga saya sendirilah yang harus mengurus anak saya. Kebetulan waktu itu anak saya masih bayi dan menangis terus-menerus setelah saya periksa anak saya mengalami sakit perut atau kolik abdomen yang diakibatkan oleh diare. Nah di artikel bawah ini, saya akan mengulas tentang penyebab bayi menangis terus menerus.

Bayi menangis kemungkinan disebabkan oleh dua faktor yaitu menangis tanpa penyakit dan menangis karena penyakit. Keduanya tetap harus diperhatikan oleh kedua orangtuanya. Pertama bayi menangis bukan karena penyakit contohnya karena lapar, haus, tidak nyaman, kedinginan, kepanasan, mengompol lalu celananya basah, ingin dipeluk (kontak fisik), makanan yang dimakan kurang nyaman bagi bayi misalnya terlalu keras atau terlalu besar, dan saat merasa takut. Kedua, bayi menangis terus menerus karena suatu penyakit kemungkinannya adalah infeksi, nyeri karena suatu penyakit, kolik abdomen, infeksi saluran pernafasan atas, meningitis, otitis media akut (infeksi telinga), infeksi saluran kemih, hernia, torsi testis, dan kelainan saluran pencernaan lainnya. Untuk anak yang lebih besar, rewel biasanya karena kecapean, kelaparan, frustasi, ketakutan, nyeri dan infeksi.

penyebab anak menangis rewelApa yang harus orangtua lakukan saat anak rewel tak karuan seperti itu? yang pertama sabar, yang kedua didoakan, lalu beri perhatian kepada anak dengan mengajaknya bicara dan memeluknya. Lalu cari kemungkinan rewel bukan dari sebab suatu penyakit. Bila sudah ketemu permasalahannya seperti haus atau lapar ya segera diberi makan minum, segera ganti popok setelah basah, gendong dengan penuh kasih sayang dan kelembutan. Jika masih rewel saja dan terdapat tanda dan gejala suatu penyakit misalnya demam, diare, atau muntah, maka sebaiknya bawa anak anda segera ke dokter. Dokter akan mencari tahu berbagai kemungkinan penyebab anak rewel, terutama dari segi penyakitnya. Jika menemui tanda kegawatan seperti anak lemas tak bertenaga, pucat, badan terlalu dingin atau terlalu panas, muncul perdarahan lewat hidung, muntah darah, tidak bisa buang air besar dalam waktu yang lama dan buang air besar campur darah, maka sebaiknya jangan tunda untuk memeriksakan anak anda ke dokter.

Lalu jika kedua penyebab tersebut tidak ditemukan bagaimana? Saya beberapa kali menemui pasien anak seperti ini. Anak rewel, menangis terus tanpa sebab yang jelas. Tanda dan gejala ke sebuah penyakitpun tidak jelas. Orang jawa menyebut hal seperti ini “sawan” atau “sawanen”, percaya gak percaya kasus seperti ini ada. Jika sudah seperti ini saya sarankan untuk tenang dan berdoa. Jika anda muslim maka anda bisa me-ruqyah-nya secara mandiri. Jika tidak bisa anda bisa minta tolong ke ustad yang pemahaman agamanya lurus.

Sumber referensi :

Buku family medicine practice dan pengalaman pribadi

SHARE donk kakak...
tags: , , ,