Inilah Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum Susu Formula Yang Perlu Anda Ketahui

Muntah merupakan gejala yang perlu diwaspadai jika itu terjadi pada bayi. Penyebab bayi muntah ada beberapa penyebab. Seringkali bayi muntah disebabkan karena minum susu. Susu formula memang dibutuhkan untuk menunjang perkembangan anak selama dalam masa pertumbuhan. Pemberian susu formula kepada anak juga tanpa alasan, sebab ada beberapa ibu yang tidak menghasilkan ASI secara produktif. Sehingga para ibu juga memberikan susu formula sebagai pelengkap nutrisi yang di butuhkan pada anak.

Namun, pemberian ASI juga sering mendapatkan kendala karena ketidakcocokan dengan susu formula yang diberikan. Ketidakcocokan tersebut dapat membuat alergi pada kulit hingga menyebabkan muntah. Hal tersebut tentu akan membuat para orang tua menjadi cemas dan bingung dengan keadaan tersebut. Sebenarnya, muntah atau gumoh yang sering dialami oleh anak setelah mengkonsumsi susu formula adalah hal yang umum terjadi. Namun jika hal tersebut terjadi secara intens, maka anda patut waspada. Bisa saja hal tersebut menandakan adanyanya indikasi gangguan kesehatan yang cukup serius.

Sebelum anda memutuskan mengenai tindakan apa yang harus anda ambil, ada baiknya anda mengetahui beberapa penyebab bayi muntah setelah minum susu formula berikut ini.penyebab bayi muntah

  • Terlalu Aktif

Keadaan anak yang terlalu aktif merupakan penyebab bayi muntah setelah minum susu formula yang pertama. Maksud aktif disini misalnya anak menangis secara terus-menerus dan menggeliat terlalu sering. Hal yang demikian akan membuat tekanan pada bagian perut menjadi tinggi. Sehingga susu yang telah diminumnya tersebut akan keluar dalam bentuk muntahan atau biasanya disebut dengan gumoh.

  • Posisi Menyusui

Bayi akan dapat dengan mudah muntah ketika sang ibu menyusui si kecil yang dilakukan sambil tiduran dengan posisi miring sementara anak tidur secara terlentang. Hal tersebut juga bisa dikatakan sebagai penyebab bayi muntah setelah minum susu formula karena cairan susu tersebut justru masuk ke dalam cairan pernafasan bukan ke saluran pencernaan. Sehingga bayi akan mengeluarkan cairan yang salah masuk tersebut dengan bentuk muntahan.

  • Susu Melebihi Kapasitas Lambung

Penyebab bayi muntah setelah minum susu formula yaitu ketika keadaan lambung yang sudah penuh. Muntah yang terjadi akan hal tersebut terjadi ketika makanan yang sebelumnya masuk ke dalam perut dan belum sampai ke usus kemudian diisi lagi dengan makanan lain. Sehingga ketika anak mengkonsumsi formula akan membuat anak menjadi mengeluarkan isi yang berada di dalam perut tersebut.

  • Fungsi Pencernaan Terganggu

Ketika masih berusia bayi, proses metabolisme dan pencernaan dengan peristaltic terhadap makanan melalui usus dan hal tersebut masih belum bisa bekerja secara sempurna pada tubuh anak. Sehingga memang muntah pada anak memang sering terjadi.

  • Klep Penutup Lambung Belum Berfungsi Sempurna

Susu formula yang dikonsumsi anak akan masuk ke dalam mulut yang kemudian akan menuju ke saluran pencernaan bagian atas lalu menuju lambung. Pada kedua organ tubuh tersebut terdapat satu klep yang mempunyai fungsi untuk menutup lambung. Karena masih berusia bayi, penyebab bayi muntah setelah minum susu formula diakibatkan karena klep tersebut belum bisa bekerja sempurna.

 

Add Comment