Penyebab dan Gejala dari Hepatitis B

Hepatitis B adalah salah satu jenis penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B. Virus ini masih tergolong dalam famili Hepadnavirus dan dapat menyebabkan peradangan hati secara akut bahkan menahun. Dalam beberapa kasus, penyakit ini bahkan bisa berkembang menjadi sirosis hati atau kanker hati. Selain virus, penyakit Hepatitis B ini juga bisa disebabkan karena adanya paparan zat kimia seperti arsen, tetraklorida, fosfor dan lain-lain atau juga bisa disebabkan dari keracunan obat. Fungsi hati sebagai organ untuk menetralkan zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh akan menjadi rusak atau terganggu ketika zat-zat beracun atau zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh jumlahnya terlalu banyak.

Pada orang dewasa, pemulihan atau penyembuhan penyakit ini terbilang cukup cepat. Sedangkan pada bayi dan balita, penyakit ini bisa bertahan lebih lama dan cenderung lebih kronis. Sebenarnya penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan vaksin sejak dini. Itu sebabnya sangatlah penting untuk memberikan vaksin hepatitis kepada anak-anak anda sejak masih kecil untuk mencegah penyakit ini di kemudian hari.

apa-itu-penyakit-hepatitis-BPenularan penyakit Hepatitis B bisa terjadi melalui penularan vertikal dan penularan horizontal. Contoh penularan vertikal adalah penularan dari ibu ke anak saat persalinan. Sedangkan contoh penularan horizontal adalah melalui transfusi darah, pemakaian jarum suntik yang sama, lendir, penggunaan sikat gigi yang sama dan masih banyak yang lainnya.

Dari sekian banyak kasus hepatitis yang ada, sebagian besar pasien tidak mengetahui bahwa mereka sedang mengidap penyakit tersebut sampai penyakitnya menjadi parah. Tidak ada gejala yang begitu berarti sehingga mereka pun tidak menyadari bahwa mereka telah terserang Hepatitis B. Kalaupun ada, gejala yang muncul antara satu pasien dengan pasien yang lainnya tentu akan berbeda-beda. Gejala-gejala tersebut adalah mual, hilangnya nafsu makan, nyeri atau gatal di persendian serta nyeri perut. Gejala-gejala yang telah disebutkan ini tidak selalu muncul pada setiap pasien serta tidak selalu muncul secara bersamaan. Itu sebabnya sangatlah penting untuk anda memeriksakan diri secara rutin ke rumah sakit agar penyakit ini dapat segera terdeteksi dan dapat tertangani dengan cepat sebelum bertambah parah.

2 Comments

  1. sevira putri April 30, 2013
    • drwox May 1, 2013

Add Comment