Penyebab kanker paru

drwox.com – Penyebab kanker paru

Kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering ditemukan akhir-akhir ini. Bahkan penelitian terakhir menyebutkan bahwa wanita dan non perokok lebih banyak terkena kanker paru. Lalu apa saja penyebab munculnya kanker paru ini?

Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab kanker yang paling sering disebutkan dan didiskusikan. Dari beberapa artikel yang kami baca merokok adalah penyebab kanker terbanyak, bahkan ada yang menyebutkan bahwa 90% penyebab kanker paru adalah rokok. Resiko kanker paru meningkat sejajar dengan jumlah rokok yang dia hisap setiap hari dan jangka waktu merokoknya. Umumnya perokok yang terkena kanker paru merokok lebih dari 5 tahun.  Sebagai contoh, orang yang merokok 2 bungkus setiap hari selama 10 tahun  akan meningkat resiko kematiannya akibat kanker paru lebih tinggi daripada yang merokok 1 batang sehari selama 5 tahun. Namun, biasanya perokok tidak akan cukup merokok 1 batang rokok saja setiap hari. Merokok dengan menggunakan pipa atau filter memilki resiko yang sama saja, begitu juga rokok elektrik yang baru popular belakangan ini, tetap saja beresikok membahayakan kesehatan diri sendiri dan orang lain. Merkokok dalam jangka waktu yang lama juga akan mengakibatkan penyakit paru obstruksi kronik (PPOK) dimana penyakit ini juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker paru.  Maka dari itu berhentilah dan jauhilah rokok.

Setiap batang rokok mengandung lebih dari 4000 zat racun berbahaya bagi tubuh, dimana banyak diantaranya dapat menyebabkan munculnya sel kanker (karsiogenik). Zat yang bersifat karsiogenik pada rokok diantaranya nitrosamines dan polycyclic aromatic hydrocarbons. Berhentilah merokok sekarang juga, semakin cepat anda berhenti merokok semakin berkurang pula resiko anda terkena kanker paru. Hal ini karena sel-sel yang rusak yang beresiko menjadi sel kanker akan digantikan dengan sel baru yang lebih sehat.

Penyebab kanker paru

Perokok pasif

Perokok pasif adalah korban sebenarnya dari para perokok. Bagaimana tidak, seorang yang tidak merokok harus secara tidak sengaja menghirup asap rokok yang berbahaya bagi kesehatannya. Maka dari itu jika anda tidak merokok, lalu ada orang merokok di dekat anda, lebih baik anda menjauh agar tidak terkena efek buruk rokok. Penelitian telah membuktikan secara ilmiah bahwa non-perokok yang hidup dengan perokok, risiko menderita kanker paru-paru sebesar 24% lebih banyak daripada mereka yang tidak terpapar asap rokok pasif. Setiap tahun, di dunia minimal sekitar 3000 kasus kematian akibat kanker paru-paru disebabkan oleh merokok pasif. Baru-baru ini juga terungkap bahwa penderita kanker paru dari perokok pasif mengalami peningkatan.

Genetik atau keturunan

Pada berbagai artikel ilmiah, genetic memgang peranan penting bagi pewarisan informasi kehidupan pada manusia. Termasuk pewarisan bakat menjadi penderita kanker. Pada dasarnya setiap orang memiliki bakat mengalami kanker, yang perlu kita lakukan adalah menghindari faktor-faktor yang meningkatkan resiko kanker dan melakukan gaya hidup sehat.

Penyebab lain

Penyebab lain diantaranya serat asbes, gas radon, dan polusi udara. Serat asbes sering mengakibatkan kanker paru pada pekerja. Oleh sebab itu penggunaannya kini dibatasi bahkan di beberapa Negara tertentu sudah dilarang. Gas radon merupakan hasil peluruhan uranium. Gas ini banyak menyebabkan kematian pada penderita kanker paru. Polusi udara baik dari pabrik, kendaraan bermotor, dan pembangkit listrik dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker. Maka dari itu kurangilah polusi udara, agar hidup lebih sehat di masa mendatang.

Penyebab di atas bukanlah penyebab 100% pasti, namun berbagai hal di atas dapat memacu terjadinya kanker paru. Hindarilah hal tersebut di atas, serta jangan lupa melakukan pola hidup sehat dan berolah-raga. Semoga anda semua sehat dan sukses.

Add Comment