Waspadai Penyebab Keguguran Yang Rentan Pada Kandungan Pertama

Keguguran merupakan hal yang ditakuti sepasang suami istri. Penyebab keguguran ada berbagai hal. Ada baiknya kita menyimak artikel berikut ini. Saat yang dinantikan pasca pernikahan adalah hadirnya buah hati di tengah keluarga kecil mereka. Dengan adanya anak kebahagiaan akan terasa lebih lengkap sehingga keluarga kecil anda akan terasa lebih harmonis. Ketika wanita dikatakan hamil, tentu dirinya akan selalu menjaga kandungannya agar tetap sehat dan lancar sampai proses melahirkan.

Semua calon ibu pastinya tidak menginginkan sesuatu terjadi pada kandungannya. Salah satu hal yang ditakuti oleh para ibu hamil yaitu jika kandungan mengalami keguguran. Banyak hal yang bisa dijadikan faktor pemicu penyebab keguguran yang antara lain merokok, stress dan pengetahuan mengenai kehamilan. Biasanya keguguran bisa terjadi pada usia kehamilan yang masih terbilang muda karena di usia tersebut merupakan usia yang paling rentan adanya beberapa gangguan. Untuk itu anda harus mengetahui beberapa penyebab keguguran yang harus di waspadai.

  • Kondisi Ibu Hamil Tidak Fit

Dewasa ini, cuaca memang tidak bisa di prediksikan dengan benar sehingga untuk para calon ibu harus memperhatikan hal tersebut. Karena cuaca yang kurang mendukung  akan sangat rentan akan adanya berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan para ibu hamil. Jika kondisi ibu hamil selalu lemah maka karena adanya cuaca hal tersebut dapat memicu adanya penyebab keguguran. Sebagai contoh jika ibu hamil mengalami demam, secara otomatis bayi yang sedang dikandungya pun tidak bisa bertahan dengan suhu tubuh ibunya yang panas tinggi.Penyebab keguguran

  • Kondisi Rahim Yang Lemah

Penyebab keguguran yang selanjutnya adalah keadaan dinding rahim tempat embrio  menempel terlalu lemah untuk bisa menopang berat embrio. Dengan demikian, jika mendapati ibu hamil dalam kondisi tersebut maka wanita tersebut harus mengalami bed rest saat usia kehamilannya di bawah 22 minggu.

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami dinding rahim yang lemah yaitu tidak boleh melakukan banyak gerakan, stress yang berlebihan, tidak boleh banyak berjalan karena akan membuat embrio mudah jatuh, dan menganjurkan untuk banyak berbaring.

  • Kehamilan Yang Tidak Diketahui

Pada beberapa kasus penyebab keguguran, ternyata calon ibu tidak mengetahui bahwa dirinya hamil. Ketika pada kehamilan pertama tersebut ibu hamil baru bahwa usia kandungannya telah menginjak usia tiga bulan. Jika hal ini terjadi, maka ibu hamil tersebut akan melakukan segala hal yang dapat menyebabkan keguguran pada kandungan yang tidak diketahuinya tersebut. Tak hanya itu, karena tidak mengetahui bahwa dirinya hamil maka ibu hamil tersebut tidak menerapkan cara menjaga kehamilan yang baik.

Faktor pemicu adanya ketidaktahuan kehamilan adalah dengan menggunakan pil KB. Efek dari pil KB akan membuat seorang ibu hamil tidak mengalami siklus menstruasi sedangkan tanda kehamilan pun tidak menunjukkan bahwa wanita menstruasi. Sehingga hal tersebut akan memicu penyebab keguguran karena tidak menyadari kehamilan yang terjadi.

Itulah beberapa penyebab keguguran yang wajib anda ketahui agar bahaya keguguran pada kehamilan anda tidak selalu mengintai anda.

 

Add Comment