Inilah Penyebab Keputihan Gatal Yang Wajib Anda Hindari

Masalah keputihan adalah masalah yang sering dialami oleh wanita. Dan paling sering terjadi sebelum atau setelah mengalami menstruasi. Keputihan tidak hanya dialami oleh remaja atau wanita biasa saja, bahkan wanita yang sedang hamil juga bisa mengalami keputihan. Keputihan yang sering dialami oleh wanita, juga bisa menyebabkan rasa gatal dibagian kewanitaan dan tentu saja sangat mengganggu.

Penyebab keputihan gatal sendiri bisa bermacam-macam, dan sebaiknya anda ketahui.Ini agar setelah anda mengetahui penyebab keputihan gatal, anda juga bisa melakukan pencegahan dan segera mengatasinya.

Beberapa penyebab keputihan gatal yang perlu anda ketahui, diantaranya:

  1. Bakteri atau Jamur

Jamur atau bakteri menjadi penyebab keputihan gatal, yang paling sering dialami oleh wanita.Bakteri yang menjadi penyebab keputihan gatal adalah, jenis bakteri Gardnerela. Dan akibat dari keputihan yang disebabkan oleh bakteri ini sangat fatal sebab akan menimbulkan penyakit, dan sebaiknya segera ditangani dengan serius. Sedangkan jamur penyebab keputihan gatal yaitu, jamur Candida Albicans. Jamur ini bersifat parasit, dan lama kelamaan akan menimbulkan rasa gatal di bagian kewanitaan.

  1. Virus

Bila anda mempunyai kebiasaan bergonta-ganti pasangan, sebaiknya anda meninggalkan kebiasaan anda tersebut.Karena itu merupakan salah satu penyebab keputihan gatal. Selain bergonta-ganti pasangan, penyebab keputihan gatal juga karena virus seperti HIV dan Sifilis atau dikenal juga dengan nama raja singa.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan

Penyebab keputihan gatal juga karena kurangnya kesadaran anda, untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan anda.Seorang wanita yang kurang bisa menjaga kebersihan organ kewanitaan, lebih rentan terkena keputihan.Membersihkan alat vital yang salah juga bisa menyebabkan anda mengalami keputihan gatal. Bila anda mempunyai kebiasaan membasuh dari arah belakang ke depan, sebaiknya anda hentikan. Karena itu bisa membuat bakteri menempel di organ reproduksi anda tersebut.Basuhlah dari arah depan ke belakang, dan tentunya menggunakan tangan dan air yang juga terjaga kebersihannya. Selain itu menggunakan kamar mandi yang kotor bisa menyebabkan anda mengalami keputihan, karena kamar mandi kotor bisa menjadi sarang bakteri penyebab keputihan gatal.Penyebab Keputihan Gatal

  1. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Bila anda sering menggunakan obat-obatan antibiotik dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat anda mengalami keputihan. Ini karena kandungan bahan dalam obat tersebut.Selain obat antibiotic, penggunaan pil untuk KB juga bisa memicu terjadinya keputihan gatal.Ini karena terjadi perubahan hormon, yang bisa membuat anda mengalami keputihan.

  1. Mengalami Stress Yang Berat

Penyebab keputihan gatal ini, kurang diketahui oleh banyak wanita. Padahal ini yang paling mudah dialami oleh seorang wanita. Saat anda mengalami stress yang terlalu berlebihan, anda akan mengalami perubahan beberapa hormon. Dan perubahan hormon inilah yang menjadi penyebab anda mengalami keputihan yang gatal.

Itulah beberapa penyebab keputihan gatal. Untuk mengatasinya anda tentu harus selalu menjaga kebersihan, dan melakukan gaya hidup yang sehat.

 

Add Comment