Penyebab Nyeri Dada

Saturday, September 8th 2012. | Kesehatan

drwox.com – Penyebab Nyeri Dada

Nyeri dada merupakan salah satu keluhan yang sering didapatkan di pelayanan kesehatan. Keluhan ini identik dengan penyakit jantung, sehingga banyak orang menjadi khawatir secara berlebihan. Namun tahukah anda bahwa nyeri dada tidak hanya disebabkan oleh penyakit jantung saja. Diagnosa yang baik dan tepat tergantung dari anamnesis, pemeriksaan fisik, dan penunjang yang memadai. Berikut sebab-sebab munculnya gejala nyeri dada :

Penyebab Nyeri Dada

Jantung

Nyeri dada yang disebabkan oleh penyakit jantung sangat sering terjadi. Gejala nyeri dada ini sering disebut angina pectoris. Gejala ini merupakan gejala penyakit jantung koroner yang dapat membahayakan nyawa. Ciri khas dari gejala nyeri dada ini adalah sangat menusuk dan berat. Kadang pasien merasakan nyeri seperti terbebani batu besar pada dada kirinya. Nyeri bisanya muncul di dada kiri dan menyebar ke bahu hingga lengan kiri.

Paru-paru

Nyeri dada yang sering terjadi pada kelainan paru bersifat menusuk dan terlokalisir pada satu tempat. Penyebaran lokasi nyeri tidak luas, hanya di lokasi tertentu saja. Penyakit yang sering terjadi pada paru diantaranya obstruksi saluran nafas, infeksi paru, dan kanker paru yang menyebar.

Lambung

Gastroesophageal reflux disease (GERD)  merupakan penyakit yang sering mengacaukan gejala nyeri dada ini sering terjadi di pelayanan kesehatan. GEjala nyeri ini berada di tengah dada, dan terasa panas sampai naik ke atas. Pada beberapa kondisi bisa mengakibatkan nyeri yang sangat serius. Kadang nyeri yang dirasakan seperti terbakar, dan memburuk saat tidur berbaring.

Nyeri otot

Kadang-kadang aktifitas fisik yang berlebih dapat menyebabkan cidera otot pada area dada. Nyeri pada otot ini dapat bertambah nyeri saat bergerak atau bernafas. Biasanya nyeri terasa pada permukaan dada. Faktor trauma fisik masa lalu juga dapat memicu terjadinya nyeri pada area ini.

Psikosomatis

Nyeri yang diakibatkan oleh faktor psikis juga tak kalah banyak muncul. Nyeri seperti ini paling sering dialami oleh wanita. BIasanya nyeri dirasakan berpindah-pindah, derajat nyeri tidak jelas, nbahkan sering memberikan keterangan yang dapat membingungkan dokter. Kadang-kadang gejala ini dipicu oleh masalah-masalah kehidupan sehari-hari. ;-)

Untuk mendukung diagnose penyakit biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan serangkaian pemeriksaan agar diagnosa nyeri dada dapat tegak dengan tepat. Pemeriksaan tersebut diantaranya rekam jantung (EKG), foto rontgen (Xray dada), USG, dan pemeriksaan penunjang lain seperti laboratorium darah bila diperlukan.

Melihat kemungkinan penyakit yang begitu beragam dari nyeri dada tersebut alangkah baiknya kita menyikapinya dengan proporsional. Tidak perlu berlebihan dan juga jangan sampai disepelekan. Konsultasikan gejala yang anda alami dengan dokter anda.

SHARE donk kakak...
tags: , ,