4 Penyebab Nyeri Haid Yang Tidak Tertahankan Yang Kerap Terjadi

Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh wanita karena luruhnya sel telur yang tidak dibuahi. Ketika mendekati periode haid, sebagian wanita seringkali merasakan nyeri pada bagian perutnya yang disebut nyeri haid. Rasa nyeri yang tidak tertahankan tentu akan membuat ketidaknyamanan selama melakukan aktivitas.

Merasakan rasa nyeri ketika periode haid memanglah wajar. Namun, hal tersebut bisa menjadi hal yang cukup serius jika anda merasakan sakit perut hingga tak tertahankan yang membuat anda sulit untuk beraktivitas. Mungkin saja, anda memiliki permasalahan pada bagian reproduksi yang memicu rasa nyeri yang begitu hebat tersebut.

Anda juga patut waspada jika rasa nyeri yang anda alami terjadi begitu sering yang mengacu pada indikasi adanya penyakit tertentu. Untuk itu, sebelum anda melakukan penanganan pada tentang masalah tersebut ada baiknya anda mengetahui 4 penyebab nyeri haid berikut ini.

Penyebab nyeri haid yang pertamanya yaitu anda mengalami endometriosis pada bagian reproduksi. Endometriosis merupakan penyebab umum timbulnya rasa nyeri pada bagian perut ketika siklus haid berlangsung. Kondisi tersebut biasanya terjadi pada bagian endometrium yang merupakan jaringan di sepanjang garis uterus yang tumbuh keluar uterus. Jika seseorang mengalami permasalahan yang satu ini, biasanya akan merasakan sakit yang tidak tertahankan. Sebaiknya jika anda mengalami rasa sakit secara terus-menerus selama haid, sebaiknya periksakan hal tersebut pada dokter.penyebab nyeri haid

  • Kram

Kebanyakan wanita ketika mengalami masa haid akan merasakan kram yang biasanya akan muncul sesat sebelum sampai hari pertama haid. Kram perut akan berlangsung satu hingga 3 hari yang disebabkan karena adanya kontraksi dalam rahim. Jika kram yang dirasakan terlalu intens, kram tersebut bisa mendorong pembuluh darah yang mengakibatkan suplai oksigen ke jaringan otot di sekitar rahim menjadi terhambat yang kemudian akan menimbulkan rasa kram yang sangat mengganggu.

  • PID (Pelvic Inflammatory Disease)

PID merupakan suatu infeksi yang berada pada organ reproduksi wanita yang umumnya disebabkan karena adanya penyakit kelamin menular. Penyebab nyeri haid ini terjadi karena vagina mengalami infeksi yang disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat. Yang akan menjadi bahaya, biasanya para wanita tidak langsung tahu jika dirinya mengalami PID karena biasanya orang yang mengalami PID tidak terlalu terlihat. Jika seseorang mengalami hal tersebut akan mengakibatkan dirinya menjadi kesulitan untuk hamil.

  • Fibroid

Dan penyebab nyeri haid yang terakhir yaitu adanya fibroid. Fibroid adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh pada dinding uterus. Sekitar 30 persen wanita yang berusia 30 ke atas sering mengalami fibroid. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya pendarahan yang cukup banyak pada rahim. Yang menjadi bahaya, jika tumor tersebut berada di dekat lapisan rahim sehingga menghambat peredaran darah ke lapisan tersebut akan menyebabkan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba dan memunculkan bercak-bercak.

 

Add Comment