Inilah 7 Penyebab Nyeri Payudara Yang Harus Anda Hindari Sekarang Juga

drwox.com – Pada tubuh manusia terdapat organ-organ atau bagian tubuh yang vital, yang terkadang terjadi gangguan dan rasa sakit yang tidak nyaman. Salah satunya adalah pada bagian payudara, salah satu gangguan yang sering muncul pada payudara adalah terjadinya rasa nyeri payudara. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, dan jangan khawatir, karena tidak semuanya merupakan hal yang berbahaya.

Ada beberapa penyebab nyeri payudara yang kerap terjadi dam menyerang wanita.Tapi seperti yang sudah sedikit disebutkan di atas, tidak semua nyeri payudara merupakan pertanda sesuatu yang berbahaya.

Untuk lebih jelas lagi, di bawah ini adalah beberapa penyebab nyeri payudara yang umumnya terjadi.

  1. Kopi

Seorang wanita yang gemar mengonsumsi kopi, bisa menjadi salah satu penyebab nyeri payudara. Meskipun kopi tidak secara langsung bisa menyebabkan rasa nyeri, akan tetapi bisa menjadi faktor yang memperparah rasa nyeri pada payudara. Saat sedang nyeri payudara, sebaiknya hindari konsumsi kopi karena bisa memperparah rasa nyeri yang anda rasakan.

  1. Ukuran bra yang tidak pas

Penyebab nyeri payudara yang selanjutnya adalah karena menggunakan bra yang ukurannya tidak pas.Perlu anda ketahui, penggunaan bra yang pas sangat penting untuk anda.Penggunaan bra yang terlalu ketat bisa menjadi salah satu penyebab nyeri pada payudara anda. Oleh sebab itu, mulai saat ini cobalah untuk memperhatikan kesehatan anda dari segala sisi, termasuk tata cara berpakaian anda.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan sebuah aktifitas yang perlu dilakukan secara rutin, dan tidak dianjurkan untuk melakukannya secara berlebihan.Saat anda melakukan olahraga terlalu berlebihan dan tidak teratur, bisa menyebabkan nyeri pada otot dada anda. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab nyeri payudara. Namun biasanya tidak bertahan lama, rasa nyeri akan segera hilang setelah anda beristirahat dengan cukup.

Penyebab nyeri payudara

  1. Pil KB

Bagi anda yang sudah menikah dan menggunakan pil KB, ada beberapa jenis pil KB yang bisa menyebabkan nyeri payudara. Pada saat memilih pil KB, sebaiknya anda perhatikan dengan benar mengenai efek samping yang mungkin terjadi.Karena  ada beberapa pil KB yang memiliki efek samping bisa menyebabkan nyeri payudara. Namun tidak semua pil KB memiliki efek samping yang sama.

  1. Pramenstruasi

Penyebab nyeri payudara yang paling utama adalah karena faktor hormonal, hal ini juga bisa terjadi pada saat menjelang menstruasi, karena kondisi hormon tidak stabil.

  1. Hamil

Penyebab nyeri payudara yang lainnya adalah karena hamil.Saat anda merasa nyeri pada payudara anda, cobalah periksa apakah anda sedang hamil atau tidak.Kehamilan merupakan salah satu penyebab nyeri payudara yang paling autentik.

  1. Penyakit tertentu

Nyeri pada payudara juga merupakan suatu gejala penyakit tertentu. Bila mengalami nyeri pada payudara perhatikan bentuk dan konsistensi payudara anda. Apakah ada perubahan warna, bentuk atau mungkin terasa ada benjolan. Jika anda mengalami hal ini segera periksakan kondisi anda kepada dokter terdekat untuk identifikasi penyakit yang anda alami.

Demikian adalah sedikit ulasan mengenai penyebab nyeri payudara, semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Add Comment