Penyebab rambut rontok atau kebotakan

Drwox.com – Masalah kerontokan rambut merupakan masalah yang umum terjadi, terutama pada pria. Secara normal sebanyak 50-100 helai rambut rontok setiap harinya, kemudian secara alami diganti dengan rambut yang baru dan sehat. Tapi kadang kala ada orang yang mengalami kerontokan rambut secara berlebihan. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab kerontokan rambut diantaranya efek kemoterapi, obat-obatan tertentu, kelainan kulit, penyakit kulit, terkena paparan radiasi tertentu, bahan kimia, masalah hormonal, gizi dan nutrisi yang tidak seimbang, penyakit tiroid, dan stress.

Penyebab rambut rontok atau kebotakan

Rambut rontok secara berlebihan tersebut kadangkala hanya bersifat sementara saja, tapi ada juga yang berlangsung sangat lama bahkan sampai seumur hidupnya. Hal ini tergantung dari keparahan penyakitnya. Berikut kami sajikan beberapa penyebab terjadinya kerontokan pada rambut:

  • Pengaruh hormon

Hormonal sangat berpengaruh dalam memacu pertumbuhan atau kerontokan pada rambut. Faktor hormonal sangat mempengaruhi perkembangan rambut. Hormonal berpengaruh baik laki-laki atau perempuan. Rambut menjadi tipis sehingga mudah rontok adalah masalah yang dialami baik pria maupun wanita. Pada pria kerontokan rambut mengikuti alur tertentu pada kepala, hal ini bisa anda lihat pada pria yang mengalami kebotakan, rata-rata bentuk alurnya seperti itu. Namun berbeda dengan wanita, kerontokan tidak mengikuti alur tertentu. Penyebab menipisnya rambut dipengaruhi oleh hormone yang disebut Dihydrotesterone atau disingkat DHT. Setiap orang mempunyai hormone ini, namun mengapa tidak semua orang mengalami masalah kerontokan rambut. Hal ini dipengaruhi oleh folikel rambut yang mempunyai banyak atau sedikit reseptor antara hormone androgen dengan DHT. Maka dari itu, sampai sekarang terapi terbaik untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rambut yang menipis adalah dengan obat-obatan anti androgen. Obat anti androgen ini berfungsi mencegah terbentuknya DHT.

  • Nutrisi

Nutrisi yang seimbang, gizi yang cukup dari makanan yang beragam jenisnya akan membantu pertumbuhan jaringan lebih baik, terutama dalam hal ini pertumbuhan rambut. Orang yang makan tidak teratur dan kurang nutrisi dari sumber protein akan mengalami masalah kerontokan rambut. Protein akan memacu pertumbuhan rambut lebih baik dan membantu mengganti pertumbuhan rambut yang rusak dan rontok menjadi rambut yang baru dan sehat. Maka dari itu jika anda ingin memilki rambut yang sehat, banyaklah makan sumber protein dan sumber nutrisi yang lain yang diperlukan oleh tubuh.

  • Kurang zat besi

Zat besi merupakan nutria penting bagi tubuh manusia. Jika seseorang kurang asupan zat besi atau makanan yang dia makan kurang kandungan zat besinya makan dia beresiko menderita masalah kerontokan rambut. Kurangnya zat besi ini dapat dideteksi dengan pemeriksaan laboratorium tertentu. Siapa yang paling sering mengalami kekurangan zat besi? Ya tentu saja wanita, terutama wanita yang sedang mengalami menstruasi. Kurang zat besi ini dapat diatasi dengan makan makanan yang mengandung banyak zat besi seperti kangkung dan bayam. Kekurangan zat besi juga dapat diatasi dengan suplemen zat besi yang banyak tersedia di pasaran.

  • Penyakit

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh karena penyakit dapat terjadi, kerontokan ini biasanya dapat terjadi selama beberapa waktu saja. Setelah penyakitnya sembuh maka rambut akan secara normal tumbuh kembali. Penyakit yang paling sering menyebabka kerontokan rambut adalah penyakit yang berhubungan dengan tiroid. Selain itu demam tinggi dan berbagai penyakit yang parah juga menyebabkan kerontokan rambut. Biasanya orang dengan penyakit parah nutrisinya sangat buruk, sehingga dapat memicu kerontokan rambut. Pengobatan untuk penyakit kanker dapat mengakibatkan efek samping yang berupa kerontokan rambut.

  • Pil KB

Wanita yang menggunakan pil KB sejak usia dini berpotensi mengalami masalah kerontokan rambut di kemudian hari. Kerontokan rambut ini walaupun pada wanita akan berbentuk mengikuti alur seperti kerontokan rambut pada pria. Hal ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormonal yang signifikan. Para wanita yang ingin memaki pil KB sebaiknya selalu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Perhatikanlah apakah ada riwayat keturunan berbakat kebotakan dalam keluarga anda,. Jika ada keluarga anda yang mengalami kebotakan maka sebaiknya anda menghindari KB jenis ini. Keadaan kebotakan oleh sebab ini dapat terjadi sampai kurun waktu 6 bulan, lalu dapat tumbuh sendiri lagi dengan baik setelah menghentikan mengkonsumsi pil. Namun ada beberapa yang tidak dapat tumbuh lagi sama sekali.

  • Kehamilan dan setelah melahirkan

Kerontokan rambut pada masa kehamilan bersifat hanya sementara waktu saja, dan akan sembuh sendiri seiring dengan berjalannya waktu. Biasanya akan kembali normal dalam satu bulan samapi enam bulan. Hal ini disebabkan karena pada wanita hamil terjadi perubahan hormonal dalam tubuh seorang ibu hamil. Lalu pada waktu setelah melahirkan, seorang wanita juga akan mengalami kerontokan rambut. Namun demikian,  hal ini bersifat sementara dan akan kembali baik kembali dalam kurun waktu sekitar tiga bulan setelah melahirkan.

Jika anda mengalami masalah dalam kerontokan rambut cobalah untuk memperbaiki asupan makanan anda. Tetapi jika masalah kerontokan rambut sudah mulai mengganggu maka ada baiknya anda mengkomunikasikan keadaan rambut rontok ini kepada dokter.

Add Comment