Persiapan Menjelang Persalinan Yang Wajib Anda Lakukan Agar Bayi Dan Juga Ibu Tetap Sehat

drwox.com – Setelah beberapa bulan masa kehamilan, hal yang selanjutnya perlu anda pertimbangkan adalah segala macam persiapan menjelang persalinan. Tentu saja banyak hal yang perlu anda persiapkan untuk menyambut sang buah hati.

Mungkin anda sudah mengetahui beberapa hal tentang melahirkan, mungkin anda juga sudah memikirkan beberapa hal yang perlu anda persiapkan. Saat menjelang masa persalinan, bukan hanya anda yang perlu melakukan persiapan, melainkan juga suami anda.Sehingga segala sesuatunya bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan segala sesuatu yang sudah direncanakan.

Untuk lebih jelas lagi, di bawah ini adalah beberapa persiapan menjelang persalinan yang wajib anda lakukan.

  • Mempersiapkan mental

Persiapan menjelang persalinan yang wajib anda lakukan yang pertama adalah mempersiapkan mental anda. Karena dengan mental dan kondisi psikologis anda yang baik, akan mempermudah segala hal. Persalinan yang akan anda jalani juga bisa berjalan dengan lancar, jika kondisi psikologis anda dalam keadaan yang baik.

Selain itu, ketenangan anda menjelang persalinan bisa mempermudah menyiapkan segala sesuatu yang anda butuhkan. Tapi jika anda cemas, panik bahkan depresi, segala sesuatunya justru akan menjadi berantakan. Jadi persiapkan mental dan psikologis anda dengan baik menjelang persalinan, itu adalah hal utama yang wajib anda lakukan.

persiapan menjelang persalinan

  • Persiapkan Dokter dan Rumah Sakit

Selain mental, Dokter dan Rumah Sakit merupakan persiapan menjelang persalinan yang wajib anda lakukan.  Anda harus memastikan Dokter dan Rumah Sakit yang akan anda gunakan saat bersalin nanti. Jadi, kapanpun anda akan melahirkan, anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan  banyak waktu untuk mencari dokter dan Rumah Sakit. Sehingga anda akan mendapatkan penanganan yang efektif dan efisien.

  • Menyiapkan keperluan bayi

Hal lain yang perlu anda persiapkan menjelang persalinan adalah, anda perlu menyiapkan berbagai macam keperluan bayi. Pada masa ini biasanya bayi anda sudah bisa diketahui jenis kelaminnya, jadi anda bisa mencari segala keperluan bayi yang sesuai.

Keperluan bayi yang wajib dipersiapkan menjelang persalinan seperti popok dan baju bayi, bedak bayi, dan segala perlengkapan bayi lainnya. Anda tidak boleh melupakan hal ini, jika perlu anda persiapkan jauh-jauh hari.

  • Menyiapkan keperluan ibu pasca melahirkan

Selain sang bayi, pasca melahirkan ibu juga memiliki keperluan tambahan. Misalnya susu untuk ibu menyusui, pakaian khusus dan lain sebagainya. Jika sudah anda persiapkan saat menjelang persalinan, maka akan memudahkan anda menjalani masa-masa pasca melahirkan. Kemungkinan juga aktifitas anda akan terganggu pasca persalinan, jadi setelah semua keperluan anda terpenuhi, anda bisa merawat bayi anda dengan baik.

Demikian adalah beberapa persiapan menjelang persalinan yang wajib anda lakukan. Bahkan bagi kebanyakan orang, saking bahagianyaakan memiliki buah hati, banyak yang mempersiapkan segala macam keperluan jauh-jauh hari sebelum masa persalinannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Add Comment