PERTOLONGAN PERTAMA PADA CEDERA KEPALA BERAT

Benturan yang mengenai kepala dapat mengakibatkan luka baik pada kulit kepala luar atau bahkan hingga mengenai otak. Pertolongan pertama yang tepat baik pada cedera kepala ringan ataupunberat sangat menentukan hasil akhir penyembuhan luka. Mengenali jenis cedera kepala sangat membantu diagnosis dan pertolongan pertama yang tepat, terutama pada kasus cedera kepala berat.

Pada kasus benturan kepala, luka akibat benturan dapat menyebabkan cedera serius bila terjadi retakan atau pecahnya tulang tengkorak, robeknya pembuluh darah di daerah kepala atau bahkan cedera pada otak itu sendiri. Gejala yang ditimbulkan harus segera diatasi karena dapat mengancam jiwa, antara lain: luka yang jelas pada kepala, darah atau cairan bening keluar dari hidung atau telinga, hilang kesadaran, nyeri kepala atau leher yang hebat, pernafasan tidak seperti biasa, gangguan bicara, gangguan berjalan, gangguan penglihatan, pupil mata tidak sama besar, lemah atau lumpuh, kekakuan pada leher, muntah lebih dari 3x dalam satu jam setelah cedera terjadi, nyeri kepala yang bertambah hebat, pada anak bayi atau balita akan gelisah, rewel dan tidak tenang. Bila menemui gejala tersebut, besar kemungkinan terjadi luka dalam kepala, sehingga sangat perlu dibawa segera ke rumah sakit.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut, bila penderita tidak sadar, jangan sesekali memindahkan penderita terutama bila curiga ada luka pada leher atau kepala. Hal ini sangat penting karena bila ternyata terdapat luka pada leher dan penderita digerakkan sembarangan justru akan mengakibatkan bertambahnya cedera pada otak korban. Segeralah minta bantuan ambulans atau paramedis, jaga agar posisi leher dan kepala korban sejajar. Bila terdapat luka atau curiga adanya keretakan atau rusaknya tulang tengkorak kepala, jangan pernah mencoba membersihakannya, dan jangan menekan luka tersebut, cukup tutupi luka tersebut dengan kassa steril dan tunggulah bantuan medis datang. Jangan sesekali mencoba membersihkan benda apapun pada luka kepala.

PERTOLONGAN PERTAMA PADA CEDERA KEPALA BERAT

by dr.hBq

Add Comment