Pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas

Sunday, January 6th 2013. | Kesehatan

Drwox.com – Kecelakaan lalu lintas adalah kejadian yang sering sekali kita temui. Baru-baru ini pun terjadi kasus kecelakaan lalu lintas yang menghebohkan. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Selain faktor kesiapan kendaraan, juga ada faktor manusianya, sehingga kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya untuk meminimalisir resiko kecelakaan. Oke jadi jika kita melihat suatu kecelakaan (semoga saja tidak) maka ada beberapa hal yang dapat anda lakukan.

  • Jangan acuh tak acuh

Jika anda melihat adanya kecelakaan lalu lintas di depan anda, segera berhentikan kendaraan anda. Jangan berlalu begitu saja, menolong adalah perbuatan yang baik dan berpahala. Semoga dengan menolong korban kecelakaan, Allah akan membalas perbuatan kita dengan menghindarkan kita dari bencana yang serupa. Jangan juga cuma meonton saja. Beberapa kali saya melihat kecelakaan, eh bukannya menolong malah hanya menonton, melongo, yang lebih parah malah memfoto. Leb ih parahnya diupload pula ke youtube atau facebook. Jangan lho ya.. mari peduli, mari menolong sesama.

Pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas

Pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas

  • Tetap tenang

Tenang adalah sikap utama seorang penolong, jangan ikut panic. Jangan juga membuat gaduh. Tetap tenang dan siapkan mental anda untuk menolong korban kecelakaan tersebut. Usahakan juga anda dalam posisi yang aman saat ingin menolong korban. Keselamatan penolong adalah yang harus diutamakan. Misalnya, kecelakaan di jalan raya dengan banyak mobil berkecepatan tinggi, maka anda harus memastikan area tersebut sudah aman.

  • Panggil bantuan

Jangan mencoba menolong korban kecelakaan seorang diri. Segera hubungi ambulan, rumah sakit, polisi, atau bantuan pertolongan medis segera. Minta tolonglah juga pada orang di sekitar anda untuk membantu menolong korban. Jika kecelakaan berpotensi membahayakan penolong sebaiknya anda menunggu bantuan datang sambil mengamankan lokasi kecelakaan.

  • Lihat keadaan korban kecelakaan

Lihatlah keadaan korban kecelakaan tersebut. Amati keadaanya, jika aman segera lakukan langkah pertolongan selanjutnya. Pastikan juga kemanan di kendaraan serta lokasi kecelakaan.

  • Cek kesadarannya

Cara mengecek kesadarannya adalah dengan memanggil-manggilnya. Misalnya : “pak.. pak… anda tidak apa-apa..?” jika dia menjawab dengan baik maka kesadaranny kemungkinan besar bagus. Lalu tanyakan bagian mana yang sakit. Minta korban agar bersabar dan menunggu pertolongan lanjutan. Lihat juga respon matanya, apakah korban membuka mata atau tidak. Jika korban tidak menjawab bagaimana? Coba cubit dengan keras di area dada atau area manapun yang terjangkau oleh anda. Jika tidak berespon, tunggu tim penolong yang lebih professional.

  • Jangan lakukan manipulasi apapun

Jika anda tidak terlatih untuk melakukan pertolongan kecelakaan, sebaiknya anda tidak melakukan manipulasi apapun terhadap korban. Pastikan saja korban aman di area tersebut. Kadangkala korban kecelakaan lebih parah kondisinya manakala ditolong dengan sembarangan, bahkan ada juga yang berujung fatal jika salah dalam menolongnya.

  • Cek jalan nafasnya

Lihatlah area sekitar hidung dan mulut korban. Apakah ada benda yang bisa menghalangi keluar masuknya udara. Jika ada, pastikan itu hilang. Agar korban mendapat pasokan oksigen yang cukup. Dan juga jangan lupa untuk memberikan ruang yang cukup bagi korban untuk bernafas. Jangan mengerumuninya, biarkan korban bernafas lega sambil menunggu pertolongan medis.

  • Jika ada yang berdarah bagaimana ?

Jika anda mampu dan menemukan perdarahannya. Segera lakukan pertolongan untuk mencegah perdarahan yang lebih hebat.

Demikianlah panduan sederhana jika kita melihat korban kecelakaan lalu lintas dan ingin menolongnya. Semoga kita semua mendapatkan keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

Referensi

  • Buku pertolongan pertama
  • http://www.redcross.org.uk
  • pengalaman pribadi
SHARE donk kakak...
tags: , ,