Rahasia suplemen vitamin A bagi ibu hamil

Rahasia suplemen vitamin A bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan bayi adalah perawatan ibu hamil yang akan kami bagikan pada artikel di bawah ini,agardapat membantu ibu melindungi kesehatan kehamilan dengan vitamin A. Vitamin A Salah satu vitamin berkontribusi pada perkembangan janin, bagaimanapun, jika ibu hamil kekurangan atau kelebihan dapat menyebabkan cacat lahir. Untuk mencegah cacat lahir, ibu memilih untuk memperhatikan suplemen vitamin A saat kehamilan.

Peran vitamin A dalam perkembangan janin

Vitamin A mudah larut dalam lemak, vitamin A berkontribusi pada pengembangan organ termasuk jantung, ginjal, paru-paru, tulang dan mata janin.

Vitamin A juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan metabolisme lemak yang sehat.

Selain itu, menurut sebuah studi oleh Columbia University Medical Center, janin yang tidak mendapatkan cukup vitamin A selama kehamilan berisiko terkena penyakit pernafasan postpartum. Asam retinoat adalah metabolit vitamin A yang berperan penting dalam menekan perkembangan dan percabangan otot polos di saluran pernafasan. Karena itu, kekurangan asam retinoat bisa menyebabkan alergi yang tidak normal pada sistem pernafasan.

Suplementasi vitamin A benar dan cukup

Ada dua bentuk vitamin A, bentuk aktif dan prekursor, atau karotenoid. Sementara bentuk aktif vitamin A dapat dikonsumsi langsung oleh tubuh, hanya beberapa karotenoid yang dapat dikonversi menjadi vitamin A, yang paling umum adalah beta karoten, yang biasa ditemukan pada wortel dan beberapa sayuran lainnya.

Teman-teman makan dapat menggunakan makanan yang mengandung beta-karoten, karena diperlukan sejumlah besar beta-karoten untuk mengubah cukup banyak vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Namun, jumlah vitamin A dalam bentuk aktivitas ibu bisa mengkonsumsi maksimal 10.000 IU sehari.

Seperti yang direkomendasikan oleh para ahli, ibu hanya harus menambahkan sekitar 770 mcg RAE, setara dengan 2.565 IU vitamin A per hari. Ibu yang menyusui sebaiknya menggunakan 1.300 mcg atau 4.330 IU.

Berapa banyak suplemen vitamin A yang berbahaya bagi kesehatan bayi Anda?

Vitamin A disimpan di hati, sehingga jumlah vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan efek buruk pada kesehatan ibu seperti sakit kepala, muntah, mual, penglihatan kabur dan kantuk.

Kelebihan vitamin A untuk waktu yang lama dapat menyebabkan hepatotoksisitas.

Meski begitu, para ahli mengatakan, mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A pada trimester pertama kehamilan bisa menyebabkan cacat lahir pada janin.

Karena itu, para ahli menasihati wanita hamil seharusnya hanya meningkatkan vitamin A melalui makanan setiap hari, jangan mengkonsumsi suplemen vitamin sendiri untuk menghindari overdosis.

Makanan kaya beta karoten dan vitamin A harus dimakan

Wanita hamil sebaiknya memilih buah kuning dan merah yang kaya akan beta karoten seperti wortel, tomat, labu untuk menambah nutrisi ibu hamil.

Rahasia suplemen vitamin A bagi ibu hamil untuk tetap sehat di atas menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin A tidaklah sulit. Ibu hamil tidak harus memilih suplemen vitamin A, sayuran kaya beta karoten dan makanan kaya vitamin A dalam makanan sehari-hari mereka yang memiliki jumlah nutrisi penting bagi janin. Kelebihan suplemen vitamin A akan sangat mengganggu janin.

Add Comment