Resep Ampuh untuk Mengatasi Anak yang Sulit Makan

Drwox.com – Setiap orang tua pasti pernah mengalami keadaan dimana anak sulit untuk diajak makan. Seringkali kondisi tersebut diperparah dengan kegemaran anak untuk jajan atau mengkonsumsi makanan cepat saji yang sesungguhnya sangat tidak bermanfaat bagi tubuh dan juga pertumbuhannya. Makanan yang seharusnya dikonsumsi oleh anak-anak adalah makanan yang bergizi tinggi dan bernutrisi. Namun, sebagai orang tua Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena ada beberapa resep ampuh yang dapat dicoba untuk mengatasi anak yang sulit makan.

cara Mengatasi Anak yang Sulit Makan

anak anda susah makan?

Ada beberapa cara mengatasi anak sulit makan yang dapat diterapkan oleh orang tua. Yang pertama adalah dengan pemberian multivitamin khusus untuk merangsang anak agar mudah makan. Multivitamin berbentuk sirup ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau dan tentunya dengan rasa yang lezat. Cara yang kedua adalah dengan cara tradisional yakni dengan ramuan sari temulawak. Temulawak atau dalam istilah ilmiahnya disebut dengan Curcuma xanthorriza ini memiliki senyawa yang membantu merangsang sistem pencernaan anak sehingga nafsu makan anak meningkat. Resepnya adalah dengan merebus dua rimpang temulawak, setengah genggam daun meniran, dan dua rimpang lengkuas dengan setengah liter air. Untuk penambah rasa dapat ditambahkan campuran madu atau gula merah. Setelah mendidih dan hanya tersisa setengahnya, saring, kemudian berikan pada anak untuk diminum 2 kali sehari. Jika rasa atau aromanya masih terlalu menyengat bisa ditambahkan sirup kedalamnya. Cara yang ketiga masih berupa cara tradisional yakni dengan dengan ramuan dari rebusan daun pandan wangi. Caranya adalah dengan merebus potongan 5 lembar daun pandan wangi dengan satu gelas air. Setelah mendidih dan air berkurang, saring dan diamkan hingga dingin. Kemudian minum sehari dua kali masing-masing satu gelas.

 Memanfaatkan rempah-rempah herbal sebagai cara mengatasi anak sulit makan lebih direkomendasikan daripada menggunakan bahan kimia. Hal ini dikarenakan selain tubuh anak masih rentan akan alergi terhadap zat-zat asing, zat-zat kimia juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. Meracik sendiri ramuan tradisional adalah cara ampuh yang dapat digunakan untuk mengatasi anak yang sulit makan.

Cara berikutnya yang bisa anda coba adalah dengan hipnoterapi. Hipnoterapi yang dilakukan adalah jenis hipnoparenting. Caranya sangat mudah dan bisa anda lakukan di rumah. Untuk melakukan hal ini anda harus memperhatikan waktu. Carilah waktu dimana anda sedang konsentrasi seperti saat dia sedang menonton film atau sedang asik membaca. Waktu yang paling tepat dan sering saya gunakan adalah waktu sebelum anak tertidur pulas sampai tertidur. Saat itulah gelombang otak sedang baik untuk dimasuki sebuah sugesti. Saat anak menjelang tidur coba temanilah mereka, doakan dengan doa yang diajarkan agama anda. Lalu mulailah melakukan hipnoterapi untuk anak susah makan. Kalimat sugesti yang diberikan sebagai contoh : “nak, mulai sekarang makan yang banyak ya.. kalau makan banyak nanti tambah pinter…” ulangi kalimat tersebut beberapa kali sampai anak tertidur pulas. Pengalaman pribadi teknik ini sangat membantu sekali. Teknik ini juga saya pakai tatkala anak saya susah minum obat.

 Semoga bermanfaat

Add Comment