Sekilas Informasi Mengenai Apa Itu Kanker

Penyakit kanker mungkin memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun beberapa dari anda mungkin masih bertanya-tanya atau belum benar-benar mengerti tentang apa itu kanker dan apa yang menjadi penyebab penyakit yang satu ini. Artikel kali ini akan mengulas sedikit informasi mengenai kanker dan faktor apa saja yang bisa menjadi penyebabnya. Di bawah ini adalah ulasannya untuk anda.

Mengingat kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya, seseorang perlu mengetahui apa itu kanker dan penyebabnya sehingga ketika ia mengidap kanker, ia akan bisa dengan cepat mengobatinya. Kanker adalah suatu penyakit atau kondisi dimana sel-sel di dalam tubuh mengalami kelainan sehingga menjadi tumbuh secara tidak terkendali, menyerang jaringan biologis yang ada di sekitarnya dan juga menyebar ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik. Ketika seseorang mengidap kanker di dalam tubuhnya, organ atau jaringan tubuh yang diserang menjadi tidak mampu untuk bekerja dengan normal. Akibatnya, keseluruhan sistem dari tubuh orang tersebut pun menjadi ikut terganggu. Beberapa jenis kanker bermula dari munculnya tumor jinak pada bagian tubuh tertentu, namun beberapa jenis kanker lainnya tidak.

apa itu kanker

Kemunculan kanker sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Jika dilihat dari faktor penyebabnya, ada dua macam faktor yang bisa anda ketahui. Yang pertama adalah faktor lingkungan. Sekitar 90-95% dari kasus kanker yang pernah ada, faktor lingkungan menjadi penyebab utama kemunculan kanker. Faktor lingkungan tersebut adalah beberapa macam zat kimia yang menyebabkan mutasi DNA, radiasi ionisasi, infeksi, pola makan yang tidak sehat, diet atau kegemukan tubuh, stress, polusi lingkungan serta kebiasaan minum minuman beralkohol dan merokok. Sedangkan  faktor yang kedua adalah faktor internal. Faktor internal tersebut meliputi faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, ketidakseimbangan metabolisme tubuh dan disfungsi sistem kekebalan. Meskipun faktor genetik tidak berpeluang besar untuk membuat seseorang mengidap kanker, namun orang yang memiliki keturunan kanker tetap memiliki resiko untuk terkena kanker yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki keturunan kanker. Setelah mengetahui apa itu kanker dan apa saja penyebabnya, lalu apa yang bisa anda lakukan untuk mencegah kanker terjadi pada diri anda? Yang terpenting adalah menjaga pola hidup yang sehat dengan memperbanyak makan sayuran dan menghilangkan kebiasaan makan makanan cepat saji, merokok dan minum minuman beralkohol. Imbangi pola hidup yang sehat tersebut dengan olahraga secara rutin agar tubuh anda tetap bugar serta kekebalan tubuh anda pun menjadi meningkat.

Add Comment