Sekilas Tentang Parkinson

Anda tahu jika saraf adalah bagian yang sangat penting di dalam tubuh kita. Dengan saraf kita bisa melakukan apa saja karena saraf adalah organ yang bertugas mengirimkan sinyal dari semua bagian tubuh kita ke dalam otak. Lantas, bagaimana jika saraf kita mengalami gangguan? Gangguan yang menyerang sistem saraf adalah apa yang selama ini disebut parkinson. Gangguan ini biasa terjadi pada mereka yang berusia lanjut, namun bukan berarti anda yang masih muda tidak bisa terkena gangguan ini; resiko ada namun tidak seperti mereka yang sudah lanjut usia. Penyakit ini adalah jenis penyakit yang menyebabkan kemampuan otot yang menurun dengan drastis sehingga membuat penderitanya tidak bisa melakukan apa-apa. Namun, Parkinson bukanlah penyakit yang menular.

Gejala awal yang ditunjukkan oleh penderita parkinson adalah kurangnya respon yang diberikan oleh bagian tubuhnya hingga merasa susah untuk melakukan gerakan-gerakan, kadang gemetaran, dan juga merasa bagian tubuhnya kaku. Gejala lain yang muncul yaitu susah tidur dan juga keadaan emosi yang tidak menentu, hal ini mungkin karena parkinson menyerang bagian saraf manusia. Gejala yang terjadi akan berlangsung secara bertahap sampai menemui klimaks yang merupakan titik keparahan penderita pakinson. Gejala parkinson sendiri tidak bisa terlihat secara jelas, bahkan penderita tidak akan menyadari secara langsung jika dia diserang parkinson. Namun seiring gejala yang dirasakan semakin banyak maka penderita baru menyadari bahwa dirinya sedang diserang parkinson.

Penyebab parkinson sampai saat ini belum diketahui secara pasti, hanya saja beberapa riset menunjukkan jika parkinson adalah penyakit yang menurun. Pasalnya sebanyak 10 persen dari penderita parkinson, semua keluarganya juga terkena parkinson. Penyebab lain diduga merupakan dampak yang ditimbulkan lingkungan yang sudah kurang sehat. Keadaan udara yang mengandung racun, dan juga makanan yang mengandung racun serangga dan gulma/ pestisida akan memicu parkinson pada seseorang. Penyakit ini sangat bisa disembuhkan dengan menjalani terapi-terapi yang membantu pulihnya gangguan saraf yang menyerang penderita. Salah satu yang paling mudah yaitu dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D.

Apa itu parkinson

Add Comment