Suplemen vitamin C untuk Kehamilan

Vitamin C merupakan nutrisi penting dalam kehamilan jangan sampai lupa menambahkan nutrisi ini ke diet selama kehamilan. Suplemen vitamin C untuk wanita hamil untuk kehamilan sehat tercantum di bawah ini. Pelajari tentang suplemen vitamin C kehamilan melalui artikel ini.

Manfaat vitamin C yang harus diketahui ibu hamil

Sebagai salah satu antioksidan, vitamin C berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Secara khusus, bagi ibu yang menginginkan kehamilan yang sehat, suplementasi vitamin C adalah suplemen yang tidak boleh ibu abaikan.

Vitamin C, atau asam askorbat, adalah suplemen sangat diperlukan dalam pembentukan jaringan ikat di kulit, tulang, mempercepat proses penyembuhan tubuh.

Bagi wanita hamil, mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, vitamin C membantu membangun “dinding” yang melindungi tubuh dari onset bakteri. Selain itu, vitamin C juga membantu ibu menyerap kalsium dan zat besi dalam makanan.

Kekurangan vitamin C jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan gigi karena struktur kapiler di bawah kulit menjadi rusak. Terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan malnutrisi.

Jumlah ibu vitamin C perlu dimasukkan ke dalam tubuh

Selama kehamilan, ibu harus memperhatikan suplemen sekitar 85 mg vitamin C per hari.

Bagi wanita yang sedang menyusui perlu suplemen 120 mg vitamin C setiap hari.

Vitamin C banyak ditemukan pada buah dan sayuran, terutama buah jeruk seperti jeruk, lemon, mandarin dan grapefruit.

Melalui plasenta, bayi bisa menyerap hampir seluruh jumlah vitamin C pada ibu. Jika suplementasi 200-400 mg vitamin C per hari selama akhir kehamilan sampai persalinan, janin berisiko mengalami ketergantungan pada vitamin C, yang menyebabkan kekurangan vitamin C pada bayi saat lahir.

Tingkat vitamin C yang tinggi pada awal kehamilan belum terbukti menyebabkan malformasi kongenital pada janin, namun para ahli merekomendasikan agar ibu tidak mengkonsumsi lebih dari 200 mg kalsium per hari.

Sarankan makanan kaya vitamin C untuk ibu hamil

Menurut para ahli, ibu harus memilih suplemen vitamin C melalui makanan sehari-hari yang terbaik. Kecuali kekurangan vitamin C yang parah, ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan suplemen vitamin C sendiri untuk mencegah overdosis.

Kandungan vitamin C dalam beberapa makanan:

  • Jus jeruk 250 ml diperas: 124 mg
  • 250 ml jus anggur: 94 mg
  • 1 buah kiwi: 70 mg
  • 1/2 cangkir paprika merah: 59 mg
  • 1/2 cangkir stroberi: 49 mg
  • 1/2 cangkir brokoli matang: 51 mg
  • 1/2 cangkir pepaya: 43 mg
  • 1/2 cangkir mangga: 23mg
  • 1/2 cangkir kubis direbus: 28 mg
  • 1/2 cangkir tomat: 10 mg

Untuk melindungi kesehatan ibu hamil dan untuk membantu bayi tumbuh dengan baik, suplemen vitamin C adalah pilihan yang tepat, karena ini adalah salah satu nutrisi penting selama kehamilan. Suplemen vitamin C untuk ibu hamil untuk kehamilan sehat yang direkomendasikan dan ibu harus memasukanya di menu harian.

Add Comment