Syarat Aman Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Tubuh seringkali merasa lemas pada saat berpuasa. Hal ini disebabkan karena tubuh harus menahan rasa lapar dan juga haus dalam waktu 14 jam tanpa adanya persiapan yang memadai. Lalu, bagaimana berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui? Apakah berpuasa dapat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin, serta produksi air susu?

Seorang ahli gizi, dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, saat ditemui beberapa waktu yang lalu di Jakarta menjelaskan bahwa pada dasarnya berpuasa itu sehat, sehingga setiap orang diperbolehkan untuk melakukannya, termasuk juga ibu hamil dan menyusui. Kehamilan dan perkembangan janin pada ibu hamil juga tidak akan terganggu karena aktivitas berpuasa. Di samping itu, produksi air susu juga tidak akan berkurang karena berpuasa. Pada minggu awal berpuasa, biasanya memang terjadi perubahan volume dan produksi ASI. Namun hal tersebut hanya bersifat sementara karena tubuh memerlukan penyesuaian waktu terhadap waktu makan yang mengalami perubahan.Syarat Aman Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Bagi ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui, pastikan kondisi tubuh Anda benar – benar sehat jika ingin berpuasa. Jika kondisi tubuh sehat dan diimbangi dengan pola makan sahur dan buka yang tepat, maka berpuasa menjadi hal yang aman untuk Anda. Yang wajib Anda perhatikan pada saat berpuasa adalah persentase kebutuhan makanan pada saat sahur dan berbuka puasa, serta varian makanan yang dikonsumsi.

Dokter Fiastuti menambahkan bahwa pada dasarnya jumlah kalori yang diperlukan oleh tubuh antara berpuasa dan tidak berpuasa adalah sama, karena tubuh tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Perubahan hanya terjadi pada jadwal makan dan porsinya saja. Pada saat makan sahur, ibu hamil dan menyusui lebih baik menyantap makanan besar 30 persen, makanan kecil 10 persen, serta minum tiga gelas air putih. Makanan yang dipilih sebaiknya berupa karbohidrat kompleks, sayur, dan juga buah. Sedangkan pada saat berbuka puasa, menu yang disantap sebaiknya makanan besar 30 persen, makanan kecil 15 persen, makanan penutup 15 persen, serta minum air putih lima gelas. Ibu yang sedang menyusui juga harus menghindari makanan yang terlalu manis, asam, pedas, ataupun berlemak. Karena hal ini dapat memengaruhi air susu ibu.

Add Comment