Tahukah anda penyebab kegemukan atau obesitas

Drwox.com- Jika mengingat kata gemuk saya jadi ingat diri saya sendiri. Hehe, mengingat berat saya saat ini jauh diatas normal. Sangat wajar sekali jika orang menyebut saya gemuk. Dulu sebelum masuk ke dunia kedokteran sebenarnya tubuh saya sangat ideal sekali, bahkan perut saya sixpack 😉 ini karena dulu saya sangat rajin berolah raga. Olahraga utama saya adalah beladiri full body contact yang mengharuskan saya mempunyai fisik yang kuat. Namun hal ini sangat berbalik 180 derajat tatkala saya masuk ke kedokteran. Kuliah di kedokteran dan menjadi dokter sangat menyita waktu saya. Sehingga saya melupakan olahraga teratur, namun porsi makan saya sudah terlanjur besar. Hehe, saat ini saya sedang mengusahakan penurunan berat badan. Doakan segera berhasil ya… 😉

Baiklah, kembali ke pembahasan kegemukan. Obesitas atau kegemukan merupakan masalah global yang harus ditangani secara serius. Mengingat kegemukan merupakan faktor resiko berbagai penyakit yang bersifat kronis. Anda boleh lihat di televisi, banyak orang dengan kegemukan mempunyai penyakit bermacam-macam, bahkan samkpai berakibat fatal. Berikut saya akan menguraikan berbagai penyebab kegemukan atau obesitas yang biasa terjadi dalam kehidupan kita, terutama di Indonesia.

penyebab kegemukan atau obesitas

Penyebab kegemukan yang paling utama adalah kurangnya olahraga. Olahraga akan membakar kalori kita sehingga tidak tersisa kelebihan kalori yang akan disimpan dalam bentuk lemak. Jika tidak rajin olahraga ya otomatis lemak akan menumpuk dengan banyak.

Kemudian terlalu banyak makan. Terlalu banyak makan terutama porsi nasi yang besar sangat berpengaruh pada sisa kalori yang berlebih dalam tubuh.

Lalu berikutnya adalah genetik. Biasanya kegemukan juga ada riwayat dalam keluarga. Misalnya orangtuanya, ayah atau ibunya gemuk, biasanyanya sang anak ikutan gemuk juga. Namun hal ini tidak selalu terjadi jika sang anak bisa mengatur berat badannya. Riwayat penyakit kronis dalam keluarga seperti hipertensi atau darah tinggi dan diabetes juga biasanya anak-nya mempunyai resiko yang sama.

Minum obat peningkat nafsu makan. Beberapa orang ingin menggemukkan badannya dengan cara instan biasanya memakai obat tertentu. Namun demikian obat tersebut kadangkala memiliki efek jangka panjang sehingga walaupun sudah berhenti minum obat, nafsu makannya tetap tinggi.

Strees. Tekanan pikiran yang tinggi kadangkala juga bisa membuat orang ingin selalu makan. Ada beberapa orang yang kami temui, mereka jika strees,misal menjelang ujian, mereka malah makan yang banyak dan ngemil semaunya. Ini juga banyak memicu kegemukan.

Hobi makan. Ada orang yang sangat hobi sekali mencoba makanan yang baru. Jika ada makanan baru dicoba, dan seringnya makan lebih banyak untuk memuaskan hobinya. Hobi ngemil juga berbengaruh terhadap naiknya berat badan seseorang. Apalagi dengan banyaknya acara televisi tentang wisata kuliner, maknyus bikin ngiler para pecinta makanan. Termasuk saya sendiri, hehe 😉

Nah sudah tahu kan beberapa penyebab kegemukan. Jika anda belum gemuk saya sarankan untuk menghindari hal tersebut. Jika anda sudah gemuk segera cari cara untuk menurunkan berat badan anda. Segera!

Add Comment