Tahukan Anda Tentang Epilepsy?

Anda mungkin penasaran tentang apa itu epilepsy? Epilepsy atau sering juga disebut ayan adalah sebuah penyakit yang menyerang bagian saraf manusia. Penyakit ini adalah penyakit menahun yang ditandai dengan adanya serangan mendadak dan berulang-ulang. Kejadiannya tidak bisa diprediksi kapan, dan anda juga tidak mengalami gejala-gejala jika apilepsi anda akan kambuh. Biasanya jika epilepsy anda kambuh maka itu akan sangat mendadak, bagi anda yang tidak pernah melihatĀ  sebelumnya pasti akan sangat ketakutan luar biasa. Jika ayan atau epilepsy kambuh maka gejala yang ditimbulkan yaitu kesemutan, bengong, dan kejang-kejang. Sebenarnya penyakit ini tidak disebabkan oleh bakteri ataupun virus, penyakit ini merupakan bawaan sejak lahir dan merupakan penyakit keturunan. Lantas siapa yang bisa menenangkan si penderita ketika kambuh? Jawabannya adalah orang-orang yang pada saat penderita kambuh berada di dekatnya. Dengan bantuan mereka, penderita akan bisa ditenangkan, maka dari itu diusahakan bagi semua penderita epilepsy untuk selalu barada di sekitar orang-orang, jangan biarkan seorang diri karena jika sewaktu-waktu kambuh akan sangat berbahaya.

Epilepsy bukanlah penyakit yang menular karena penyakit yang satu ini tidak disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Setiap orang beresiko terkena epilepsy meskipun orang tua atau saudara tidak ada yang mengidap epilepsy. Sebenarnya ada dua jenis epilepsy; epilepsy umum dan epilepsy sebagian. Epilepsy umum sendiri masih dibedakan menjadi tiga yaitu epilepsy petit mal yang penderitanya hanya bengong ketika kambuh, kemudian ada epilepsy grandmal yang penderitanya akan kejang-kejang dan mengeluarkan busa dari mulut, dan epilepsy myoklonik juvenil yang menyebabkan penderita melakukan gerakan hentakan secara tiba-tiba. Kemudian epilepsy parsial yang dibedakan menjadi dua yaitu epilepsy parsial sederhana yang gejalanya adlah kejang-kejang, kesemutan namun tidak dibarengi dengan hilang kesadaran; epilepsy parsial kompleks yang penderitanya disertai hilang kesadaran ketika kambuh.

apa itu epilepsy

Mengetahui apa itu epilepsy sangat penting supaya ketika ada orang yang mengidap epilepsy dan penyakitnya kambuh, anda tahu apa yang harus anda lakukan. Jika anda menghadapi teman atau saudara anda yang kambuh dari epilepsy, sebaiknya anda segera menyingkirkan benda-benda yang bisa menyakiti korban, kemudian rebahkan penderita dengan posisi miring, selain itu longgarkan pakaian yang dipakai. Biarkan penderita yang kambuh bergerak semaunya dan jangan berusaha untuk memasukkan barang apapun ke mulut penderita. Biarkan penderita istirahat sampai tersadar. Segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih lanjut. Nah, sekarang anda sudah tahu apa itu epilepsy dan cara menangani mereka yang sedang kambuh bukan?

Add Comment