Tanda dan gejala penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi

Friday, October 19th 2012. | Kesehatan

drwox.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit kardiovaskuler yang sering ditemui pada pelayanan kesehatan umum. Apakah anda penderita hipertensi? Apakah anda tahu tanda dan gejala penyakit tekanan darah tinggi? Lanjutkan baca artikel ini, anda akan memperoleh informasi yang berguna tentang penyakit tekanan darah tinggi.

Tanda dan gejala penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi

Pada umumnya orang sering mengabaikan tekanan darah tinggi. Seharusnya orang yang sudah dewasa melakukan cek tekanan darah secara rutin dan mengkonsultasikannya kepada dokter. Tidak sedikit pasien  yang menderita hipertensi namun minum obat anti hipertensi hanya sesekali saja, padahal anjuran dokter mungkin berbeda. Pada sebuah penelitian telah membuktikan bahwa 90% pasien hipertensi tidak mematuhi aturan minum obat yang telah dianjurkan oleh dokter. Tahukah anda jika anda mengabaikan tekanan darah tinggi, penyakit yang bisa ditimbulkan diantaranya gangguan jantung, ginjal, otak dan mata. Jika anda ingin melindungi organ-oragan penting tersebut maka anda wajib untuk mengendalikan tekanan darah anda.

Tahukan anda berapa tekanan darah normal? Tekanan darah normal adalah 120/80. Jika anda mendapati tekanan darah anda lebih dari 140/90, maka anda dapat digolongkan menjadi pasien hipertensi. Jika tekanan darah anda diantara 120-140 makan dapat gikategorikan sebagai pre hipertensi. Pre hipertensi ini dapat diatasi dengan cara yang alami seperti berolahraga, mengurangi atau berhenti merokok, mengurangi asupan garam, banyak makan sayur dan mengurangi konsumsi makanan berlemak.

Lalu bagaimana anda bisa mengetahui bahwa diri anda menderita hipertensi?

Hipertensi biasanya tanpa gejala, inilah yang berbahaya. Orang jarang cek kesehatan rutin di dokter, lalu tiba-tiba sakit dan dicek ternyata tekanan darahnya tinggi. Maka dari itu kadang-kadang penyakit ini disebut the “silent killer”. Meskipun demikian terdapat gejala-gejala dan tanda yang sering muncul pada penderita tekanan darah tinggi. Gejala tersebut diantaranya sakit kepala, mimisan tiba-tiba, wajah memerah dan badan merasa selalu lelah. Walaupun penderita hipertensi mengalami hal tersebut, namun gejala tersebut juga kadang muncul pada pasien yang tekanan darahnya normal.

Pada pasien hipertensi yang tidak terkontrol dengan baik akan muncul gejala seperti sakit kepala, lelah yang berkepanjangan, mual, muntah, sesak nafas, pusing berputar, gelisah  dan pandangan kabur. Hal ini disebabkan oleh  kerusakan organ seperti otak, jantung, mata, dan ginjal sebagai akibat tidak terkontrolnya tekanan darah. Pada kasus tertensu hipertensi dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran samapi koma, hal ini karena terjadi kerusakan otak dan atau pembuluh darah otak.

Secara singkat berikut gejala tekanan darah tinggi :

  • Sakit kepala
  • Pusing berputar
  • Badan lemah
  • Mimisan tiba-tiba
  • Telinga berdenging
  • Merasa kantuk terus menerus
  • Bingung
  • Keringat berlebihan
  • Mual dan atau muntah
  • Pandangan kabur
  • Kualitas kehidupan seksual berkurang
  • pundak terasa pegal

Jika anda mengalami gejala di atas, kemungkinan anda menderita hiperteni atau tekanan darah tinggi. Untuk memastikannnya silakan anda berkonsultasi kepada dokter. Tapi anda wajib ingat bahwa hipertensi sering muncul tanpa gejala, tidak ada salahnya anda melakukan cek kesehatan rutin di dokter keluarga anda.

Semoga anda sehat dan sukses selalu. Semoga bermanfaat.

SHARE donk kakak...
tags: , , , , , , , , ,