Tanda dan gejala Penyakit Menular Seksual

Thursday, December 6th 2012. | Kesehatan

Drwox.com – Miris, mungkin kata itu paling pantas saat kita mendengar kalimat “Penyakit Menular Seksual”. Betapa tidak, budaya ketimuran Indonesia sekarang ini telah terkikis. Moral dan etika sudah tidak dianggap penting bagi sebagian masyarakat kita. Budaya seks bebas seakan menjadi tren kaum muda kita. Terakhir saya membaca berita tentang pelajar setingkat SMA yang melakukan arisan demi mendapatkan kepuasan dengan pekerja seks komersial (PSK). Lihatlah seorang artis yang telah terbukti melakukan tindakan asusila, remaja kita seakan tak peduli bahkan semakin mengidolakannya. Secara pribadi saya tidak membenci artis tersebut, tapi perbuatannya sungguh tidak dapat ditoleransi. Apakah mereka tidak tahu kalau budaya seks bebas seperti itu dapat menyebarluaskan penyakit menular seksual. Terlepas dari fenomena sosial tersebut kami akan membahas penyakit menular seksual dari segi keilmuan dan kesehatan.

gambar Tanda dan gejala Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual adalah penyakit infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Infeksi tersebut disebabkan oleh mikroorganisme tertentu yang dapat berpindah melalui cairan tubuh seperti darah, cairan semen, cairan vagina dan cairan tubuh lain. Mikroorganisme tersebut diantaranya adalah bakteri, parasit dan virus. Namun beberapa penyakit ada yang tidak ditularkan secara seksual. Sebagai contoh lewat jarum suntik, seorang bayi yang tertular ibunya, lewat transfusi darah.

Apa saja penyakit menular seksual itu?

Penyakit menular seksual banyak sekali jenisnya, namun yang paling sering di temui diantaranya :

  • Gonore
  • Sipilis
  • Herpes pada kelamin
  • Klamidia
  • HIV/AIDS
  • HPV – human papilloma virus
  • Trikomoniasis

Tanda dan gejala Penyakit Menular Seksual

Penyakit ini kadang kala tidak menunjukkan gejala yang terlihat oleh orang biasa. Biasanya orang dapat terlihat sehat seperti manusia pada umumnya. Tanda dan gejala akan terlihat jika sudah muncul pada daerah tertentu. Beberapa tanda dan gejala penyakit menular seksual adalah sebagai berikut :

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Pada kemaluan muncul cairan tertentu yang terlihat tidak normal
  • Terdapat luka yang terlihat aneh di kemaluan
  • Terdapat benjolan mencurigakan di area kemaluan
  • Perdarahan yang tidak wajar (terutama di vagina)
  • Berdarah dan nyeri saat berhubungan seksual

Tanda dan gejala tersebut tidak langsung muncul setelah berhubungan seksual. Tanda dan gejala tersebut biasanya muncul beberapa hari sampai beberapa bulan, tergantung mikroorganisme penyebabnya. Beberapa gejala kadang hilang dengan sendirinya namun tak jarang yang dapat menimbulkan komplikasi. Jadi jika tanda dan gejala tersebut muncul dan ada resiko terkena penyakit tersebut maka alangkah baiknya anda segera menghubungi dokter.

Bagaimana cara mengetahui terkena atau tidak penyakit menular seksual ?

Cara mengetahui apakah terkena penyakit ini atau tidak adalah dengan mengenali gejalanya. Lalu kenali faktor resiko dan penyebab menularnya. Jika memang curiga terkena penyakit menular ini sebaiknya anda segera menghubungi dokter. Biasanya dokter akan bertanya tentang riwayat munculnya penyakit ini, gejala yang anda alami, dan dokter akan melakukan pemeriksaan dengan melihat dan melakukan pemeriksaan fisik. Bila perlu dokter akan mengambil sampel darah, urin, atau cairan tertentu dari alat kelamin.

Siapa yang paling beresiko terkena penyakit menular seksual ?

Kelompok yang paling beresiko tentu saja orang yang suka melakukan seks bebas, berganti-ganti pasangan secara tidak sah, pekerja seks komersial, pengguna obat-obatan terlarang secara suntik, dan kelompok orang dengan kebiasaan beresiko melakukan hubungan seksual secara bebas seperti pengguna alkohol. Penyakit ini dapat mengenai siapa saja, tidak peduli laki-laki atau perempuan. Namun perempuan akan menjadi korban yang paling menderita untuk kasus seperti ini.

Bagaimana mencegah penyakit menular seksual ?

Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati. Caranya mudah, hindari seks bebas, jika sudah dewasa dan tidak tahan lagi ya lebih baik menikah. Hindari pergaulan bebas, hindari kelompok orang yang menganggap berhubungan seksual di luar nikah adalah biasa. Jangan pernah menggunakan obat-obatan terlarang, baik yang diminum, dihisap, ataupun disuntikkan.

Cara mengobati penyakit menular seksual

Pengobatan penyakit menular seksual ini tergantung dari penyebabnya. Bisa diberikan antibiotik tertentu, antiparasit, dan antivirus. Ingat pengobatan penyakit menular seperti ini wajib dengan petunjuk dan saran dokter. Jangan pernah mencoba membeli antibiotik sendiri tanpa resep. Hal ini selain membahayakan anda juga dapat menyebakan kuman atau mikrooranisme tersebut menjadi kebal terhadap obat. Hal ini akan semakin membuat sulit proses pengobatan. Kasus seperti ini sudah sangat sering terjadi jadi berhati-hatilah dan ikuti saran dari dokter.

Lalu kemudian jika pasien diobati maka pasangannya harus juga diobati. Jika tidak bisa saling menularkan lagi. Biasanya pasangan “resmi”-nya bisa ketularan penyakit ini. Yang terakhir, bertobatlah jika memang penyebab tertular penyakit ini adalah melalui jalan kemaksiatan. Minta ampun pada Allah dan mintalah kesembuhan dari-Nya.

SHARE donk kakak...
tags: , , , , , , ,