Tanda-tanda Memasuki Masa Menopause

drwox.com – Sebelum mambahas lebih lanjut mengenai tanda-tanda memasuki masa menopouse ada baiknya jika kita membahas menopause itu sendiri apa. Menopouse adalah sebuah masa yang yang terjadi pada wanita ketika wanita tersebut sudah tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut. Usia dimana seorang wanita mengalami masa menopouse tidak bisa diprediksi, rata-rata usia wanita yang mengalami menopouse adalah mereka yang sudah memasuki usia 45 sampai 55. Berikut ini tanda-tanda wanita memasuki masa menopouse.

Pendarahan

Biasanya bagi wanita yang baru memasuki masa menopouse atau sering disebut masa peralihan akan mengalami pendarahan. Pendarahan terjadi melalui vagina, namun pendarahan ini sangat berbeda dengan menstruasi karena terjadinya tidak berkelanjutan melainkan terputus-putus. Hal ini bisa terjadi berkali-kali dalam beberapa bulan, dan pada akhirnya berhenti.

Rasa Panas dan keringat Malam

Pada wanita yang baru memasuki masa menopouse akan mengalami rasa panas di sekujur tubuh. Mulanya hanya merasa panas pada bagian wajah dan kemudian merambat ke seluruh tubuh. Rasa panas ini bisa berlangsung selama 30 detik atau lebih. Diprediksi jika rasa panas ini timbul dikarenakan fluktuasi hormon estrogen. Seperti yang diketehaui jika wanita yang sudah memasuki masa menopouse mengalami anjloknya hormon estrogen. Dalam arti lain, wanita harus beradaptasi kembali dengan jumlah hormon estrogen yang tidak sebanyak biasanya.

Gejala Pada Vagina

Pada saat wanita memasuki masa menopouse, vagina akan terasa kering dan kurang elastis. Selain itu rasa gatal terkadang juga timbul sebagai akibat keringnya vagina, dan lebih parahnya lagi akan terasa sakit ketika berhubungan seksual. Akibat paling parah yang ditimbulkan yaitu infeksi vagina.

tanda menopause

Gejala Perkemihan

Selain kering di area sekita vagina, aluran uretra yang merupakan saluran air kencing juga menjadi kering dan kurang elastis. Akibatnya wanita yang memasuki masa menopouse menjadi merasa ingin selalu kencing dan biasa ngompol.

Gejala Emosional

Wanita yang memasuki masa menopouse akan lebih cepat marah dan daya ingatnya lemah. Diperkirakan jika hal ini dipengaruhi oleh hormon. Sang wanita sendiri tidak akan menyadari emosi yang ada pada dirinya, sehingga orang yang berada di sekitarnya harus lebih sabar menghadapinya.

Perubahan Fisik

Wanita yang sudah memasuki masa menopouse akan mengalami tumpukan lemak di bagian perut dan pinggul, selain itu perubahan tekstur kulit yang menjadi keriput.

Add Comment