Tentang flu burung yang anda harus ketahui

drwox.com – Beberapa waktu yang lalu di Negara kita Indonesia dihebohkan dengan munculnya kasus flu burung. Hal ini mengundang banyak perhatian dan kekhawatiran dari berbagai pihak. Namun jika anda mengetahui beberapa fakta tentang flu burung ini maka anda tidak perlu khawatir akan penyakit ini.

Hal pertama yang perlu dipahami bahwa flu burung ini tidak sama seperti flu yang manusia alami. Flu burung atau H5N1 atau avian influenza ini adalah penyakit yang tergolong parah pada burung atau unggas. Pasien pasien yang terinfeksi penyakit ini seluruhnya pernah teridentifikasi kontak dengan hewan unggas. Kebanyakan orang-orang yang memelihara unggas dan berhbungan dengan mereka terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

flu burung

Saat ini pemerintah kita dan dinas terkait sangat memperhatikan tentang penyakit ini. Penyuluhan tentang penyakit ini telah dilakukan dari mulai masyarakat bawah sampai atas. Dinas pertanian dan dinas kesehatan saya lihat juga sudah cukup baik dalam menangani kasus flu burung ini. Di rumah sakit daerah juga sudah disediakan bangsal khusus yang dipersiapkan untuk merawat penyakit yang sangat mematikan ini.

Anda tidak perlu takut mengkonsumsi unggas, seperti ayam dan kawan-kawannya. Ayam yang sudah disembelih dengan baik dan dimasak dalam kondisi yang cukup akan dapat mematikan bagi si virus. Sehingga anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi daging ayam. Mengingat konsumsi daging ayam sangat baik untuk tubuh.

Namun begitu anda juga harus tetap waspada. Jika anda menemui adanya ayam yang mati secara mencurigakan segera laporkan ke dinas terkait untuk memastikan ada atau tidaknya virus flu burung. Kemudian jika ada orang yang tiba-tiba panas tinggi dan dia terbukti berhubungan langsung dengan unggas maka patut dicurigai sebagai penderita flu burung sampai hasil laboratorium membuktikan bahwa dia bebas dari flu. Akan tetapi jangan setiap penderita demam anda curigai mengidap flu burung. Segera konsultasikan kondisi kesehatan penderita tersebut kepada dokter untuk memastikan penyakitnya.

Sebagai pencegahan, jika anda memelihara unggas sebaiknya dijauhkan dari rumah utama anda. Beri jarak yang dinilai aman agar anda dan keluarga tidak kontak langsung dengan unggas di saat apapun. Untuk keamanan jauhkan anak anda dari bermain bersama unggas-unggas. Selalu pantau kesehatan unggas anda dengan baik, jika perlu datangkan dokter hewan untuk memeriksa kesehatan unggas anda secara berkala. Jika ada unggas yang sakit segera pisahkan dengan unggas yang sehat. Jika ada unggas yang mati segera kuburkan. Jika ada unggas yang terbukti mnderita flu burung maka sebaiknya seluruh unggas dalam area tersebut dimusnahkan demi kesehatan bersama.

Semoga kita terlindungi dari penyakit flu burung. Amiin..

Add Comment