Tentang Lensa Kontak

Drwox.com – Jaman sekarang ini lensa kontak bukanlah barang mewah lagi. Dengan berkembangnya teknologi dan ekonomi  harga lensa kontak dapat dijangkau oleh kalangan yang lebih luas. Lensa kontak atau orang lebih suka menyebutnya softlens sekarang ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Yang sebenarnya tidak memerlukan lensa kontak-pun ramai-ramai membeli lensa kontak untuk sekedar bergaya dan atau kelihatan lebih gaul. Lensa kontak dengan warna warni menarik seperti merah, kuning, biru, hijau dan berbagai pola-pun menjadi incaran banyak orang. Beberapa saat yang lalu muncul kontroversi tentang penggunaan lensa kontak. Mengingat lensa kontak ini dapat dibeli secara bebas di berbagai toko kacamata, baik skala besar maupun kecil. Akhirnya beberapa orang mengalami berbagai macam hal negatif yang tidak diinginkan saat memakai lensa kontak ini. Lensa kontak merupakan lensa pengganti kacamata yang dimasukkan ke mata, tentunya hal ini bisa berbahaya jika tidak dilakukan secara baik.

lensa kontak

Hal yang paling membosankan bagi pemakai lensa kontak adalah membersihkan lensa kontak. Padahal membersihkan lensa kontak adalah hal yang paling utama yang harus dilakukan sebelum lensa kontak masuk ke mata. Jika lensa kontak kotor maka kemungkinan efek buruk penggunaan lensa kontak dapat terjadi dengan mudah. Bahaya pemakaian lensa kontak yang paling minimal adalah iritasi mata, namun tidak jarang komplikasi lensa kontak yang terjadi adalah kebutaan. Iritasi yang berlangsung lama bisa menjadi radang, bisa meningkat menjadi infeksi. Infeksi yang tidak teratasi dengan baik akhirnya bisa merusak organ mata. Namun demikian jika anda dapat melakukan kebersihan dalam tahap yang baik, efek penggunaan lensa kontak yang berpotensi menjadi bahaya dapat dikurangi seminimal mungkin. Sebelum menggunakan lensa kontak sangat kami anjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata dahulu. Mata adalah organ manusia yang sangat penting, sudah sepantasnya anda berkonsultasi pada ahlinya.

Wanita adalah sosok yang paling sering menggunakan lensa kontak untuk menjaga dan meningkatkan penampilannya. Namun demikian wanita seperti ini juga sering menggunakan berbagai make-up, khususnya riasan mata. Nah make-up sangat berpotensi membuat lensa kontak menjadi kotor. Untuk itulah para wanita sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakan lensa kontak. Bersihkanlah lensa sebaik mungkin. Gunakan alat yang steril dan cairan khusus yang steril pula. Jangan membersihkan lensa kontak dengan air putih mineral ataupun air kran. Air kran terutama di Indonesia sangat belum bisa dikatakan bersih apalagi steril. Jangan lupa selalu mencuci tangan dan jari anda sampai bersih sebelum membersihkan lensa kontak.

Beberapa hal lain yang harus diperhatikan selain kebersihan antara lain: jangan menggunakan lensa kontak yang sudah kadaluarsa. Selalu periksa tanggal pembuatan dan kadaluarsa sebelum membeli lensa kontak. Selalu lepas lensa kontak anda sebelum tidur dan sebelum mandi. Jangan pernah menggunakan lensa kontak saat berenang. Iritasi serius sampai kebutaan pernah terjadi akibat memakai lensa kontak sambil berenang. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi pada dokter mata dalam penggunaan lensa kontak, terutama jika terjadi iritasi. Jangan anggap remeh iritasi mata akibat lensa kontak ini. Semoga kita semua bisa terhindar dari bahaya penggunaan lensa kontak yang kurang benar.

One Response

  1. Softlens Yang Bagus Harga Murah December 28, 2016

Add Comment