Tips Bagaimana Menjaga Kesehatan Ibu Setelah Melahirkan

Friday, January 11th 2013. | Kesehatan

Drwox.com – Melahirkan merupakan suatu peristiwa yang sangat istimewa bagi seorang wanita. Proses melahirkan memang tidak semudah kelihatannya karena proses melahirkan adalah proses yang cukup rumit dan dapat menyebabkan banyak perubahan pada tubuh seorang wanita. Banyak wanita yang mengeluhkan masalah kesehatan setelah proses melahirkan seperti bentuk tubuh yang gemuk, kulit yang menjadi kusam, punggung yang sakit, dan tentunya otot vagina yang mengendur.

Ada banyak tips kesehatan setelah melahirkan yang dapat diterapkan oleh kaum wanita untuk mengembalikan bentuk tubuh dan menjaga kesehatan tubuhnya paska melahirkan. Pertama, untuk mengembalikan bentuk tubuh yang cenderung melar selama masa kehamilan dapat dilakukan dengan senam ringan dan banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Yang tidak dianjurkan adalah mengurangi asupan gizi penting seperti karbohidrat, kalsium, zat besi, dan juga vitamin. Hal ini dikarenakan setelah melahirkan seorang wanita memiliki kewajiban untuk menyusui bayinya dengan ASI sehingga asupan gizi dan nutrisi seorang wanita paska melahirkan perlu diperhatikan. Namun, jika merasa tidak nyaman dengan melakukan diet lemak selama masa menyusui, seorang wanita tidak perlu susah-susah melakukan diet, sebab dengan menyusui saja seorang wanita dapat menurunkan berat badannya secara alami.

Menjaga Kesehatan Ibu Setelah Melahirkan

Menjaga Kesehatan Setelah Melahirkan

 Senam pilates dan yoga dapat menjadi alternatif tambahan untuk mengencangkan kembali bagian tubuh yang mengendur. Kedua, untuk mengembalikan kelembaban kulit setelah melahirkan, seorang wanita dapat menggunakan madu atau minyak zaitun. Madu dan minyak zaitun dapat mengembalikan kelembaban kulit dan dapat membantu menyamarkan stretch marks setelah melahirkan. Konsumsi air putih juga dapat membantu mengurangi kulit kusam. Ketiga, untuk mengurangi rasa sakit di punggung paska kehamilan dan melahirkan, seorang wanita dapat melakukan senam pilates maupun yoga. Kedua jenis senam tersebut memiliki banyak manfaat khususnya bagi wanita selama masa kehamilan maupun paska melahirkan. Hal tersebut dikarenakan gerakan utama dari kedua jenis senam tersebut cukup ringan, rileks, dan dapat menenangkan pikiran. Keempat, untuk mengembalikan kekencangan otot vagina paska melahirkan, seorang wanita dapat menerapkan tips kesehatan setelah melahirkan seperti melakukan gerakan-gerakan senam ringan misalnya squat atau berjongkok. Namun ada baiknya hal ini dilakukan setelah 3 minggu paska melahirkan karena tentunya seorang wanita perlu menunggu hingga luka paska melahirkan benar-benar sembuh.

 Mengkonsumsi sejenis jamu juga dapat digunakan untuk membantu pengencangan otot vagina, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kandungan dari ASI yang diberikan pada bayi. Jika seorang wanita terlalu sering mengkonsumsi jamu-jamuan, tentu saja kandungan dari ASI akan berubah, begitu pula dengan rasa dan aromanya. Kelima, untuk menjaga kesehatan vagina sesaat setelah melahirkan, seorang wanita perlu benar-benar memperhatikan kondisi miss V tersebut. Kompreslah dengan air hangat saat mandi atau setelah buang air agar tidak mudah terinfeksi kuman-kuman terutama pada bagian vagina yang luka paska melahirkan. Jangan sembarangan menggunakan produk seperti tissue untuk mengeringkan area vagina setelah dibasuh dengan air. Agar lebih aman, gunakan kain bersih sebagai pengganti tissue.

 Memperhatikan kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting bagi seorang ibu paska melahirkan. Menjaga kesehatan tubuh tak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri namun juga bagi bayi yang dilahirkannya. Menjaga asupan makanan dan kebersihan tubuh juga dapat membantu proses pemulihan setelah melahirkan.

SHARE donk kakak...
tags: , ,