Tips bepergian untuk penderita diabetes

drwox.com – Tips bepergian untuk penderita diabetes

Piknik atau bepergian atau traveling merupakan suatu kegiatan positif dan baik untuk semua orang apalagi untuk penderita diabetes. Selain sebagai penambah aktivitas fisik, bepergian juga dapat mengurangi stress bagi penderita diabetes. Berikut ini merupakan beberapa tips yang mungkin dapat bermanfaat bagi penderita diabetes saat bepergian :

  • Cek kesehatan sebelum berangkat

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter pribadi anda saat anda ingin bepergian. Lakukan check up laboratorium dasar sesuai saran dokter anda. Biasanya dokter akan memeriksa keadaan umum anda, tekanan darah, lalu memeriksa kadar gula anda dan mungkin juga ditambah kolesterol. Jangan lupa mengkonsultasikan lokasi tujuan pergi anda kepada dokter, agar dokter dapat memberikan saran yang lebih tepat untuk kesehatan anda.

 tips penderita diabetes

  • Gunakan penanda bahwa anda adalah penderita diabetes

Jika anda mempunyai semacam ID card atau sejenisnya sebaiknya anda tuliskan bahwa anda seorang penderita diabetes. Hal ini penting manakala anda sedang bepergian di suatu tempat yang berbeda bahasa dengan anda, misalnya saja sewaktu naik haji di Arab Saudi. Dengan menyertakan tanda bahwa anda seorang penderita diabetes, akan memudahkan petugas kesehatan setempat jika sewaktu-waktu anda membutuhkan pemeriksaan kesehatan.

  • Bawa obat diabetes anda

Bawalah obat-obatan khusus diabetes anda sesuai dengan anjuran dokter. Jangan lupa untuk meminum obat tersebut, gunakan alarm atau catatan khusus jadwal minum obat anda. Bila perlu minta tolonglah kepada rekan bepergian anda untuk mengingatkan anda meminum obat dari dokter. Jika obat diabetes tersebut berbentuk insulin, maka pastikan pastikan insulin tersebut cukup untuk anda gunakan selama bepergian, karena insulin jarang ditemui di daerah yang jauh dari kota. Jangan lupa untuk menempatkan obat-obatan anda pada tempat khusus yang aman dan mudah untuk dilihat serta dibawa.

  • Bawa alat cek gula darah

Jika memungkinkan bawalah alat cek gula darah. Sekarang ini banyak model alat cek gula darah yang bisa dibawa kemana-mana. Pastikan alat itu aman dibawa dan anda dapat menggunakannya dengan baik. Konsultasikan kadar gula darah anda kepada dokter.

  • Perhatikan Keamanan dan kenyamanan

Pastikan tempat yang anda kunjungi aman dan nyaman untuk penderita diabetes. Jangan melakukan kegiatan ekstrim yang dapat mengakibatkan resiko luka pada penderita diabetes, hal ini walaupun sepele dapat mengakibatkan masalah yang serius. Siapkan juga sepatu atau sandal khusus yang dapat melindungi kaki anda dari kemungkinan luka.

  • Kontrol makanan

Tempat wisata biasanya terdapat kuliner yang dapat menggoda selera. Tetap kontrol makanan anda baik jumlah maupun jenisnya. Tetap berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi saat anda ragu terhadap sesuatu makanan.

 Semoga tips-tips tersebut berguna bagi penderita diabetes yang ingin melakukan bepergian. Semoga agenda liburan anda tetap lancar dan menyenangkan walaupun anda seorang penderita diabetes.

Add Comment