Tips Hindari Kolesterol Saat Berpuasa

Saat menjalani ibadah puasa, mengkonsumsi makanan sembarangan sesuai keinginan lidah Anda sangat lah tidak disarankan. Hal tersebut tentunya mempunyai tujuan agar kolesterol dan tumpukan lemak di dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit dapat dihindari.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, Prof Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE menjelaskan bahwa pola makan penduduk Indonesia dapat langsung mengalami perubah pada saat berpuasa. Sebagian orang menjadi lebih senang untuk mengkonsumsi kolak, gorengan, serta minuman manis dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut tentunya dapat membuat kolesterol di dalam tubuh menjadi semakin meningkat.

Prof Tjandra lewat pesan singkatnya mengatakan bahwa banyak perbedaan yang ditemukan antara pola konsumsi masyarakat Indonesia dengan berbagai negara tentangga seperti Singapura, Thailand, dan Filipina. Prof Tjandra memberi contoh pada jumlah buah dan sayur yang dikonsumsi oleh orang Indonesia hanya lah sebesar 91 gram per harinya. Sedangkan masyarakat Singapura sangat senang mengkonsumsi buah dan sayur hingga mencapai 518 gram dalam sehari. Tips Hindari Kolesterol Saat Berpuasa

Prof Tjandra menambahkan bahwa jumlah konsumsi buah dan sayur oleh masyarakat Indonesia masih jauh dari yang disarankan yaitu sebanyak lima porsi sehari. Untuk menyiasatinya sehingga tubuh dapat tetap bugar selama berpuasa, pejabat eselon satu Kementerian Kesehatan RI tersebut memberikan tips penting yang dapat Anda lakukan pada saat sahur dan berbuka puasa. Simak tipsnya berikut ini.

  1. Berbuka puasa dengan yang manis, seperti kurma atau buah – buahan lainnya.
  2. Gorengan dan makanan santan setidaknya dapat Anda kurangi selama bulan puasa.
  3. Konsumsi lah makanan dengan bahan glikemik indeks yang rendah pada saat sahur seperti roti gandum dan beras merah.
  4. Beragam variasi jenis sayur dan buah wajib Anda makan setiap kali sahur dan berbuka.

Add Comment