Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tubuh Senantiasa Sehat Dan Bugar

Mempunyai tubuh yang sehat adalah keinginan semua orang. Dengan tubuh sehat, maka aktivitas yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Dengan sehat pula, maka anda tidak harus mengeluarkan waktu dan biaya untuk membeli obat atau pergi ke rumah sakit.

Ukuran sehat yaitu ketika kita mampu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit, baik dari serangan flu, virus, serangan cuaca dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan agar tetap sehat dan bugar setiap hari? Berikut beberapa tips menjaga daya tahan tubuh yang praktis dan mudah dipraktikkan.

  1. Istirahat Yang Cukup

Tips menjaga daya tahan tubuh yang paling penting adalah dengan istirahat yang cukup.Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Seseorang yang kurang tidur akan lebih cepat emosi dan secara fisikpun akan lebih rentan  tertular penyakit. Saat tidur adalah saat untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Tidur bisa membantu mengurangi resiko terkena flu,ini dikarenakan hormon kortisol yang keluar di saat tidur akan meningkatkan fungsi kekebalan di dalam tubuh terhadap penyakit.

  1. Hindari stress

Ketika sedang stres maka otak akan memicu pelepasan hormon adreanalin dan kortisol. Adrenalin dapat meningkatkantekanan darah serta denyut jantung, sedangkan kortisolakanmenaikkan gula dalam darah. Stres juga dapat merusak sistem kekebalan alami yang dirancang oleh tubuh untuk melindung terhadap berbagai jenis penyakit. Tips menjaga daya tahan tubuh untuk menghilangkan stress cobalah lakukan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan. Misalnya bersepeda disore hari atau berenang diakhir pekan.

  1. Rutin Berolahraga

Cobalah lakukan olahraga secara teratur setiap pagi. Tips menjaga daya tahan tubuh ini dinilai efektif untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat. Berolahraga secara teratur dan juga rutin bisa mempengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh yang bertugas meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga apabila daya tahan tubuh bagus, maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

  1. Konsumsi banyak protein

Protein penting untuk tubuh, karena fungsi protein sebagai zat pembangun dalam tubuh. Kekurangan protein tentu akan membuat tubuh kita menjadi tidak stabil jika sudah begitu pasti tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit.

  1. Vitamin D

Perbanyak konsumsi vitamin D. Karena vitamin ini digunakan untuk membangun sistem imun.Makanan  yang banyak mengandung vitamin D antara lain, jamur, ikan salmon, Keju Chedar, Queker Oat.

  1. Hirup udara terbuka

Tips menjaga daya tahan tubuh yang terakhir adalah dengan menghirup udara terbuka.Jika anda sudah merasa sesak dan penat segeralah keluar dan hirup udara segar. Karena udara segar banyak mengandung oksigen yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Selain itu, udara segar juga dapat menjernihkan dan menangkan pikiran, serta dapat mengembalikan mood.

Nah, itu tadi beberapa tips menjaga daya tahan tubuh yang dapat anda lakukan sehari-hari. Selamat mencoba.

 

Add Comment