Tips Menyajikan Menu Makanan Sehat Untuk Bayi

Drwox.com – Bayi bukanlah miniatur orang dewasa. Kita tidak bisa menyamakan menu makanannya dengan menu makanan untuk kita sendiri. Namun yang pasti, bayi berkembang dengan cepat dan membutuhkan banyak energi (kalori) serta nutrisi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan mereka. Mari pelajari lebih lanjut tentang menu makanan sehat untuk bayi agar kita bisa menyajikan yang terbaik untuk si buah hati. Kami punya tips menyajikannya secara tepat. Umumnya, bayi di bawah satu tahun membutuhan di bawah 1000 kkal per hari atau setengah dari kebutuhan seorang wanita dewasa. Mengingat ukuran perut bayi relatif kecil (sepersepuluh dari ukuran perut dewasa), Anda perlu memahami bahwa makanan bayi haruslah dikemas penuh kalori dan nutrisi tapi dalam porsi yang cukup kecil pula. Menu makanan khas orang dewasa yang rendah lemak tapi tinggi serat tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi bayi.

 Menu Makanan Sehat Untuk Bayi

Lemak amat penting dalam menu makanan sehat untuk bayi. Lemak mengandung lebih banyak kalori per gram-nya dibandingkan protein atau karbohidrat. Karena itu lemak memainkan peran penting dalam menyediakan kalori untuk bayi Anda. Hal ini tidak berarti bayi Anda harus banyak makan makanan yang digoreng atau makanan ringan berlemak, tetapi penting untuk memasukan produk susu dalam menu makanan bayi Anda. Sumber lemak sehat lainnya adalah alpukat, minyak ikan, dan biji-bijian. Kemudian, berhat-hatilah dengan serat yang terlalu banyak untuk menu si kecil. Terlalu banyak makanan berserat akan membuat perut si kecil penuh dan tidak menyisakan ruang untuk  makanan bergizi lainnya. Serat juga dapat menjebak vitamin dan mineral dalam usus bayi, sehingga sulit bagi tubuh untuk menyerapnya. Sekali lagi, tubu bayi berbeda dengan tubuh orang dewasa.

 Tips Menyajikan Menu Makanan Sehat Untuk Bayi

Selain memperhatikan kandungan gizi dalam menu makanan bayi, penting juga untuk memvariasi jenis makanannya. Makanan yang berbeda, mengandung nutrisi yang berbeda pula yang dibutuhkan bayi. Itulah kenapa penting untuk memvariasi menu makanan sehat untuk bayi. Dari menu sarapan, hingga makan utama dan makanan penutup, cobalah menyajikan alternatif yang berbeda selama seminggu. Ragam makanan yang berbeda setiap harinya juga dapat menjaga antusias makan bayi dan membuat masa kecilnya lebih bahagia.

Add Comment