Tips Persiapan Menyusui Setelah Persalinan Yang Bisa Anda Ikuti

drwox.com – Pasca melahirkan, terutama bagi anda yang baru menjadi seorang ibu atau yang baru memiliki anak pertama, tentu saja banyak hal yang belum anda ketahui. Setelah melahirkan tentu saja kewajiban anda adalah untuk menyusui bayi anda, tapi apakah anda sudah tau seperti apa menyusui yang benar? Terutama beberapa waktu setelah persalinan.

Ada beberapa tips persiapan menyusui setelah persalinan dan juga hal-hal yang perlu anda lakukan pada saat awal-awal menyusui. Jika anda melakukannya dengan benar, maka akan berdampak baik untuk bayi anda dan juga untuk anda sendiri.

Untuk lebih jelas lagi, di bawah ini adalah beberapa tips persiapan menyusui setelah melahirkan dan beberapa hal yang perlu anda perhatikan pada awal menyusui.

  • Lakukan IMD atau Inisiasi Menyusu Dini

Ini yang jarang sekali dimengerti oleh ibu-ibu baru, IMD atau Inisiasi Menyusu Dini adalah membiarkan si bayi menggunakan instingnya untuk menyusu dan mencari puting ibunya.Dalam hal ini adalah melatih si bayi untuk menyusu sendiri, jadi tidak langsung diberikan begitu saja.

  • Susui Bayi setiap kali menangis

Pada masa ini, bayi pasti belum bisa mengatakan apa yang diinginkannya, yang bisa dia lakukan hanya menangis. Kemungkinan bayi anda lapar, jadi segera susui bayi saat bayi anda menangis.Hal utama yang tidak boleh anda tinggalkan saat mengurus bayi adalah menyusuinya, masalah atau urusan lainnya bisa diwakilkan, tapi masalah menyusui tidak bisa. Sebagai contoh anda bisa menyerahkan proses mengganti popok kepada suster, tapi menyusui tetap menjadi kewajiban anda.

Tips Persiapan Menyusui Setelah Persalinan

  • Perawatan Payudara

Agar ASI yang keluar bisa lebih banyak dan efektif, anda bisa melakukan perawatan payudara untuk menyusui.Anda bisa memijat payudara anda dengan gerakan yang teratur, kemudian kompres dengan air hangat dan air dingin secara bergantian. Anda bisa meminta bantuan dari suster, karena biasanya suster paham betul akan hal ini.Jadi anda tidak salah melakukannya.

  • Jangan terima mentah-mentah saran dari orang yang tidak berkompeten

Saat ini banyak sekali teori tentang menyusui yang beredar di masyarakat, tidak semuanya merupakan teori yang benar. Jadi jika anda mendapatkan saran dari seseorang yang kurang membuat anda yakin, lebih baik jangan anda lakukan sebelum anda memastikan kebenarannya.

Teori dan cara menyusui biasanya akan diajarkan oleh dokter atau suster yang merawat anda dan bayi anda.

  • Konsumsi makanan bergizi

Saat sedang menyusui, anda juga berkewajiban untuk memperhatikan nutrisi untuk bayi anda. Semuanya tergantung dari apa yang anda konsumsi, jadi saat menyusui anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Selain untuk anda, makanan bergizi yang anda konsumsi juga berdampak langsung untuk bayi anda.

Demikian adalah tips persiapan menyusui setelah persalinan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk terus berdoa.

Add Comment