Tips Wisata Murah Indonesia

Drwox.com – Berwisata tidak harus mahal. Dan berwisata dengan budget terbatas bukan berarti tidak bisa menyenangkan. Asal Anda tau caranya, liburan Anda pasti bisa lebih ramah kantong dan berkesan. Berikut kami punya tips wisata murah yang semoga membantu anda. Mulailah dengan menentukan budget liburan Anda. Semakin kecil budget, memilih lokasi yang lebih dekat dengan tempat tinggal adalah lebih bijak. Sehingga biaya transportasi bisa ditekan dan keuangan bisa dialokasikan untuk keperluan lain saat berlibur. Berapa orang yang ikut, bagaimana komodasi dan pilihan alat transportasi yang dipakai juga perlu diperhitungkan. Sebenarnya kalau niat berlibur yang sudah tidak usah pakai perhitungan, hehe tapi ini beda liburan tapi hemat. Semua senang bahagia namun kantong tidak bolong.

Tips Wisata Murah Indonesia

Tips Wisata Murah

Setelah itu, dapatkan sebanyak mungkin informasi tentang tempat wisata yang akan Anda tuju. Anda bisa menemukannya dari situs-situs panduan wisata, majalah, atau mendengarkan cerita teman yang sudah pernah ke sana. Usahakan informasi yang Anda dapatkan bukan hanya tentang tempat wisata itu saja, tapi juga tempat penginapan dan tempat makan di sekitarnya serta alat transportasi untuk mencapainya. Dengan informasi yang lengkap, Anda bisa mempersiapkan apa yang akan dibutuhkan dengan baik, termasuk besarnya uang. Biasanya jika liburan banyak sekali hotel sudah penuh. Apalagi yang termurah sekalipun. Biasanya full booked. Untuk menyiasati hal ini, jika anda punya keluarga di tempat yang anda tuju, anda bisa menginapa disana. Atau gak teman juga bisa. Oya ada juga komuniats backpacker yang saling membantu lho. Coba cari saja di internet.

 Disarankan pula membuat jadwal selama liburan. Misalnya dalam sehari tempat mana saja yang akan dikunjungi. Atau bahkan makanan apa saja yang ingin Anda cicipi. Cari tahu hari apa saja yang terdapat diskon atau atraksi khusus misalnya. Hal ini akan menghindarkan Anda dari waktu liburan yang tidak terarah dan akhirnya hanya membengkakan biaya menginap dan makan. Paling enak dan murah ya carilah makanan khas yang dijajakan di pinggir jalan. Tentunya nasi liwet kelas hotel beda harga dengan nasi liwet pinggir jalan. Walaupun soal rasa tetap bisa diadu.hindari makan di hotel, selain mahal anda juga tidak bisa menikmati makanan khas dari tempat yang anda kunjungi. Istilah saya, soul-nya beda bro.

 Tips wisata murah yang selanjutnya, kurangi jadwal ke lokasi belanja. Cara ini juga ampuh untuk menghindarkan pembengkakan pengeluaran. Jika ingin membeli oleh-oleh, pergilah ke satu toko saja yang menjual aneka oleh-oleh secara lengkap, sehingga Anda tidak tergoda untuk membeli barang-barang lain yang tidak dibutuhkan. Pengeluaran di luar anggaran biasanya akan membuat uring-uringan setelah liburan, karena itu sebaiknya alihkan keinginan belanja ke hal yang lain. Misalnya bermain bersama anak-anak.

 Ya, untuk Anda yang pergi berwisata bersama anak-anak, rencanakan aktivitas menarik bersama mereka selama liburan. Misalnya bermain bola bersama-sama di taman yang lapang atau melihat proses pembuatan kerajinan tangan. Wisata semacam ini tentu akan lebih berkesan bagi anak-anak dan Anda sendiri.

 Meskipun judul tulisan ini adalah tips wisata murah, tentunya bukan untuk liburan murahan apalagi bodoh. Liburan yang terlalu murah justru bisa meninggalkan penyesalan. Misalnya demi menghemat pengeluaran, Anda melewatkan mencicipi masakan khas daerah yang spesial atau tidak mau menjajal permainan seru karena dianggap mahal. Justru pengalaman kuliner dan bermain adalah beberapa yang harus Anda masukkan dalam daftar. Hal inilah yang akan menjadi pelengkap cerita wisata Anda.

 Tulisan ini mengarahkan Anda untuk merencanakan liburan dengan cerdas dan mengontrol pengeluaran secara masuk akal, bukan menjadikan liburan Anda kehilangan sisi menyenangkannya. Singkatnya, travel cheap, but not stupid. Have a great holiday!

Kalau ke solo, mampir ke tempat saya. Maksimal 4 orang tak traktir makanan khas solo. Monggo pinarak 😉

One Response

  1. Sekolah Kapal Pesiar Yogyakarta October 26, 2016

Add Comment