Waspadai Penyakit Endometriosis

Kian hari, penyakit yang ada dan berkembang di mayarakat semakin banyak. Beberapa diantaranya menjangkiti organ dalam, namun tidak sedikit pula yang menyerang bagian luar dari tubuh. Salah satu penyakit yang menjangkiti organ dalam adalah endometriosis. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyakit ini, tahukah Anda sebenarnya apa itu endometriosis? Berbahayakah penyakit ini? Organ apa yang diserangnya dan apa sajakah gejala-gejalanya?

Apa itu endometriosis?

Endometriosis adalah sebuah kelainan yang ditemukan pada lapisan pelindung rongga kehamilan atau yang biasa disebut endometrium. Kelainan yang ditemukan adalah tumbuhnya endometrium di luar rahim, sedangkan pada kondisi normal, endometrium seharusnya terletak di rongga rahim. Endometriosis dapat menyerang wanita dari usia 25 hingga 35 tahun. Penyebab penyakit ini masih diteliti hingga kini. Namun banyak pihak yang menyatakan bahwa lonjakan kadar estrogen yang ekstrem dapat memicu tumbuhnya penyakit ini. Beberapa juga menyatakan bahwa darah menstruasi yang mengalir berbalik ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit ini. Darah menstruasi yang seharusnya bergerak ke luar tubuh justru akan bergerak mundur dari tuba falopi menuju ke pelvis.

apa itu EndometriosisMeskipun tidak termasuk dalam penyakit berbahaya yang mematikan, penyakit ini berpotensi untuk mepengaruhi kesuburan pada wanita. Apabila penyakit ini sudah menyebar hingga ke otak maupun paru-paru, maka paru-paru si penderita dapat mengalami pengempisan. Selain itu, wanita yang menderita endometriosis akan kejang pada saat datang bulan. Wanita yang berpotensi lebih untuk terjangkit penyakit ini adalah mereka yang memiliki kakak atau ibu yang menderita penyakit ini. Beberapa wanita juga memiliki kecenderungan untuk menjadi penderita endometriosis. Bagi mereka yang mengalami mentruasi pada usia muda, belum pernah melahirkan, dan memiliki durasi mentruasi lebih dari 7 hari berpotensi memiliki endometriosis. Wanita yang selaput daranya meutup selama menstruasi juga memiliki peluang yang sama karena kondisi itu akan memicu darah menstruasi untuk bergerak mundur.

Gejala-gejala endometriosis

Setelah mengetahui apa itu endometriosis, hal selanjutnya yang perlu Anda tahu adalah gejala dari penyakit ini. Rasa nyeri adalah tanda yang paling umum dirasakan pada penderita endometriosis. Wanita yang memiliki endometriosis akan mengalami:

  • Nyeri yang dahsyat saat menstruasi
  • Nyeri pada bagian perut bawah saat sebelum dan sesudah menstruasi
  • Kram perut sebelum, selama, dan sesudah masa menstruasi
  • Nyeri saat berhubungan badan

Add Comment